Perindah Kawasan, Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara "Beautifikasi Coastal Road" Diluncurkan
Penajam

Perindah Kawasan, Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara "Beautifikasi Coastal Road" Diluncurkan

  • Gerakan ini bertujuan untuk mempercantik dan memperindah kawasan coastal road sepanjang 5,85 km agar dapat menjadi ruang interaksi sosial yang nyaman bagi masyarakat.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin, secara resmi meluncurkan gerakan akselerasi Serambi Nusantara "Beautifikasi Coastal Road" pada Sabtu (5/10/2024) pagi di Rumah Jabatan Bupati PPU. 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, perangkat daerah PPU, organisasi masyarakat, dan perwakilan perusahaan di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin menjelaskan bahwa gerakan ini bertujuan untuk mempercantik dan memperindah kawasan coastal road sepanjang 5,85 km agar dapat menjadi ruang interaksi sosial yang nyaman bagi masyarakat. 

“Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menanam pohon dan tanaman lainnya di sepanjang jalur,” katanya.

Ia pun berharap, area ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga dan menggelar berbagai kegiatan masyarakat.

BACA JUGA:

"Sehingga rumah jabatan ini bisa menjadi ruang aspirasi dan ruang interaksi, benar-benar berbaur dengan masyarakat," ujar Zainal.

Kegiatan penanaman pohon ini juga diharapkan dapat mendorong kesadaran kolektif masyarakat mengenai pentingnya pemulihan dan kebersihan lingkungan, serta menjaga kualitas lingkungan hidup. 

Zainal menyebutkan bahwa setiap kelurahan, desa, dan sekolah di PPU perlu memiliki kebun buah produktif untuk meningkatkan produktivitas lahan dan menambah tutupan hijau. Pemerintah Kabupaten PPU akan mendukung upaya ini dengan menyediakan bibit produktif dan bersertifikat secara gratis.

Perindah Kawasan, Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara "Beautifikasi Coastal Road" Diluncurkan

"Bumi tempat kita bergantung ini tergantung pada kita. Kita yang harus menjaganya, memeliharanya, memulihkannya, dan memperbaikinya. Karena kita bergantung pada bumi," tegas Zainal.

Gerakan ini sejalan dengan citra PPU sebagai "Serambi Nusantara" dan semangat PPU Membara (Membangun Bersama Serambi Nusantara), yang kerap disuarakan Zainal dalam upaya membangun daerahnya. 

Dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang akan menjadi smart forest city, Zainal mengajak PPU untuk menjadi contoh dengan lebih dulu memulihkan dan menjaga lingkungan.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali membangun kesadaran, memulihkan lingkungan, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitarnya," pungkasnya. (Adv/Diskominfo PPU)