Peringatan Bulan K3, Sinergi Menjaga Operasional Aman
Kabar Ibu Kota

Peringatan Bulan K3, Sinergi Menjaga Operasional Aman

  • BALIKPAPAN - Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional merupakan peringatan tahunan yang bertujuan untuk mendorong semua p
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional merupakan peringatan tahunan yang bertujuan untuk mendorong semua pihak untuk berpartisipasi membudayakan keselamatan kerja di Indonesia. Selian itu, peringatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3 untuk mendorong gerakan nasional dalam keselamatan dan kesehatan kerja.

Bulan K3 Nasional juga diperingati PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Peringatan Bulan K3 secara resmi dibuka melalui kegiatan upacara bertempat di halaman kantor PT KPI Unit Balikpapan, Jumat, 19 Januari 2024.

Bulan K3 di lingkungan PT KPI Unit Balikpapan mengambil tema Sinergi Bersama Menjaga Operasional Yang Aman Untuk Mewujudkan Refining Sustainibility.

"Peringatan bulan K3 merupakan momentum untuk selalu mengingat bahwa hasil kerja yang baik tidak terlepas dari membangun budaya K3 yang baik. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita dapat bekerja dengan selamat dan sehat karena menerapkan budaya K3 yang baik sehingga dapat mewujudkan pekerjaan yang layak," kata General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho dalam sambutanya.

Oleh karena itu menurut Bayu, peringatan bulan K3 juga menjadi momen yang penting untuk menjaga konsistensi penerapan aspek K3 pada operasional perusahaan.

BACA JUGA:

"Rangkaian peringatan bulan K3 2024 ini diharapkan menjadi langkah pasti untuk kita terus konsisten sehingga tercapainya zero accident di lingkungan kerja perusahaan secara berkelanjutan," jelas Bayu.

Menyambut bulan K3 di lingkungan, terdapat berbagai rangkaian kegiatan diantaranya cerdas cermat HSSE, Lomba Video Safety Induction Area Kerja, Lomba Kepatuhan Aspek HSSE di Area Kerja Dalam dan Luar Kilang hingga kegiaan yang melibatkan masyarakat melalui sosialisasi safety driving dan tanggap darurat kebakaran serta pemberian bantuan alat pemadam kebaran ringan (APAR) ke kesekolah-sekolah.

Pada Upacara Peringatan Bulan K3 ini juga dilakukan Penandatanganan Komitmen antara Managemen PT KPI Unit Balikpapan dengan Perwakilan Managemen Kontraktror yang dalam hal ini diwakili oleh PT PTC, PT Aman Niaga dan PT Putra Utama Mandiri. Dengan penandatanganan ini kedua pihak berkomitmen untuk mendukung penerapan K3 di lingkungan kerja PT KPI Unit Balikpapan untuk mencapai Zero LTI. 

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin juga menyampaikan dalam peringatan bulan K3 kali ini, PT KPI Unit Balikpapan juga menyalurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui progra Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah.

"KSB merupakan program TJSL yang telah dimulai perusahaan sejak tahun 2021 lalu. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan dan kesadaran sosial di masyarakat dalam menghadapi bencana yang berpotensi terjadi," ujar Chandra.

Dalam pelaksanaan program ini, PT KPI Unit Balikpapan berkerja sama dengan instasi terkait untuk terus menumbuhkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

"Bencana merupakan kondisi yang tidak diharapkan. Namun, melalui Kelompok KSB ini kita melakukan upaya-upaya mitigasi. Dan apabila bencana terjadi, kita harus siap mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan," tutup Chandra. (*)