Peringatan Kesaktian Pancasila, Wali Kota Balikpapan Pesan Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Kabar Ibu Kota

Peringatan Kesaktian Pancasila, Wali Kota Balikpapan Pesan Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melaksanakan upacara peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Balai Kota Bal
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melaksanakan upacara peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

Upacara peringatan Kesaktian Pancasila yang mengusung tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. 

Dalam upacara tersebut, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Zulkipli membacakan Undang-Undang Dasar 1945 dan Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Subari membacakan naskah ikrar kesaktian Pancasila DPR RI.

Upacara diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan, pejabat dilingkungan Pemkot Balikpapan, pimpinan instansi vertikal, dan pasukan upacara yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, pegawai serta pelajar SD, SMP dan SMA Kota Balikpapan.

Dalam momentum ini, Wali Kota berpesan di Hari Kesaktian ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan anak bangsa, agar tidak tergoyah dengan isu-isu yang dapat memecah belah bangsa. 

Peringatan Kesaktian Pancasila, Wali Kota Balikpapan Pesan Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Untuk itu, masyarakat Indonesia khususnya Kota Balikpapan dapat terus berpedoman kepada Pancasila.

"Saya yakin persatuan sebagai anak bangsa tetap terjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itu pesan moral kepada anak-anak kita," ucapnya.

BACA JUGA:

Di samping itu, momentum ini mengingatkan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. 

"Kita terus selalu mengenang jasa pahlawan," ungkap Rahmad Mas’ud.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Peristiwa bersejarah ini berkaitan dengan tragedi gerakan 30 September atau biasa dikenal dengan G30S/PKI.

Upacara dirangkai dengan paduan suara yang mempersembahkan lagu kebangsaan dan tarian kolosal yang menampilkan persatuan dan kesatuan bangsa. (*)