Peringati Hapernas 2023, Pemkot Balikpapan Berikan Bantuan Stimulan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni
Kabar Ibu Kota

Peringati Hapernas 2023, Pemkot Balikpapan Berikan Bantuan Stimulan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni

  • IBUKOTAKINI.COM – Memperingati Hari Perumahan Nasional tahun 2023, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan bantuan stimulan peningkatan rumah tidak layak h
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Memperingati Hari Perumahan Nasional tahun 2023, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan bantuan stimulan peningkatan rumah tidak layak huni. Penyerahan bantuan diserahkan langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud secara simbolis kepada penerima di Halaman Kantor Dinas Perumahan dan Pemukiman Balikpapan, Jumat, 15 September 2023. 

Hadir dalam penyerahan bantuan dan peringatan Hapernas Direktur Perumahan Umum dan Komersial Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Fitrah Nur, Wakil Ketua Komisariat Real Estate Indonesia (REI) Balikpapan Andi Arief Mulya Dwi Hartono, Apersi dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Balikpapan. 

Dalam peringatan Hapernas, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengungkapkan bahwa standar kelayakan rumah merupakan keharusan yang harus dipenuhi. Apalagi Balikpapan menjadi beranda Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Untuk itu di peringatan Hapernas, pihaknya kembali mengingatkan akan pentingnya kolaborasi semua pihak yang menjadi kunci utama mewujudkan hunian yang layak dan terjangkau. 

“Kolaborasi ini sangat penting artinya persoalan perumahan ini tidak bisa diserahkan pada peran pemerintah saja tapi semua pihak termasuk REI,” tuturnya ketika sambutan.

BACA JUGA:

Hal ini sejalan dengan tema Hapernas 2023, di mana yang diangkat adalah “Melanjutkan Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak Berkelanjutan dan Terjangkau untuk Semua”. 

“Pentingnya membangun kolaborasi yang lebih sinergis dengan seluruh stake holder bidang perumahan serta meningkatkan komitmen bersama dalam menyelesaikan tantangan dan permasalahan perumahan di seluruh Indonesia,” tandasnya. 

Wali kota menambahkan dalam peningkatan kualitas rumah, melalui Disperkim, pemerintah memberikan bantuan berupa material untuk perbaikan rumah warga bagi warga berpenghasilan rendah dan diperuntukkan rumah belum layak huni. 

Sementara itu, Direktur Perumahan Umum dan Komersial Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Fitrah Nur menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Balikpapan yang selalu memperingati Hapernas. 

“Tahun lalu di Balikpapan juga memperingati Hapernas, tahun ini juga. Kota ini sudah menjadi Beranda IKN. Sehingga menjadi perhatian, bantuan dari pusat seperti PSU masih ada,” katanya dalam sambutan. 

Ia berharap pemerintah daerah mempersiapkan perangkat aturan terkait akan pembangunan perumahan vertikal. 

“Lahan semakin sempit, kebutuhan rumah meningkat. Untuk itu, perlu dipikirkan dalam pembangunan perumahan vertikal,” ujar Fitrah Nur.

Di akhir peringatan Hapernas, pemotongan tumpeng dilakukan, Direktur Perumahan Umum dan Komersial Dirjen Perumahan Kementerian PUPR yang diberikan Wali Kota Rahmad Mas’ud, dan penandatanganan dukungan. (*)