Balikpapan

Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkot Bagikan Bendera ke Pengendara

  • Momentum peringatan hari lahir Pancasila, sebanyak 1000 bendera merah putih dibagikan kepada masyarakat.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin membagikan bendera merah putih kepada masyarakat Kota Balikpapan.

Muhaimin bersama unsur Forkopimda membagikan bendara merah putih, khususnya kepada pengendara roda dua maupun roda empat, yang melintasi Kantor Dishub Kota Balikpapan. 

Bendera berukuran kecil dan berukuran besar yang diberikan, disambut baik oleh masyarakat. Momentum ini digelar, setelah pelaksanaan upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila, di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, Sekda mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila. "Semoga momentum hari lahir Pancasila ini, dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap pancasila dan betul-betul bisa memahami dan mengimplentasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". 

Tema ini mengandung maksud bahwa, Pancasila menyatukan masyarakat indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan, Sutadi mengatakan peringatan hari Pancasila ini dirangkai dengan pembagian bendera merah putih di Kota Balikpapan.

Ini sebagai tanda launching gerakan nasional pembagian 10 juta bendera dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Setiap tahun gerakan ini terus dilaksanakan, dimana pemerintah pusat dan daerah untuk membagikan bendara ini. Harapannya dengan adanya pembagian ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa memiliki bangsa ini. Bagaimana perjuangan bangsa kita untuk kemerdekaan," jelasnya.

Gerakan ini dimulai sejak 01 Juni sampai 16 Agustus 2024, gerakan ini bukan hanya pada pemerintah tetapi juga kepada seluruh masyarakat, termasuk BUMN maupun instansi swasta. "Jadi mereka bisa mengumpulkan bendera itu, kemudian bisa melaporkan kepada pemerintah kota melalui Kesbangpol," ungkapnya.

Momentum peringatan hari lahir Pancasila, sebanyak 1000 bendera merah putih dibagikan kepada masyarakat. 

"Gerakan ini akan kita lanjutkan terus dengan melibatkan dengan tokoh masyarakat, forum," pungkasnya. ***