Peringati HKG ke 52, PKK Kukar Tanam 500 Bibit Cabai
Kutai Kartanegara

Peringati HKG ke 52, PKK Kukar Tanam 500 Bibit Cabai

  • Kegiatan Gerakan Tanam Cabai Serentak ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kukar dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar mengikuti "Gerakan Tanam Cabai Serentak" tingkat nasional. Kegiatan ini bertemakan "Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju".

Pada kesempatan ini, PKK Kukar menanam 500 bibit cabai di lahan pertanian Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, pada hari Senin (4/3/2024). Sebelum memulai penanaman, para peserta terlebih dahulu mengikuti video conference (vidcon) pembukaan Gerakan Tanam Cabai Serentak yang diselenggarakan oleh PKK pusat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Vidcon tersebut dihadiri langsung oleh Ibu Iriana Jokowi dan Hj. Wury Ma'ruf Amin.

Penanaman cabai diawali oleh Ibu Iriana Jokowi dan diikuti serentak oleh PKK kabupaten dan kota lainnya di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Kukar. Penanaman di Kukar dilakukan oleh Sekretaris TP PKK Kukar Yulaikah Sunggono, didampingi Asisten I Setdakab Kukar Akhmad Taufik Hidayat, Kadis Ketahanan Pangan Kukar Sutikno, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, Kades Loa Lepu Sumali, serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Kukar.

Yulaikah Sunggono menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program nasional yang bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok pangan, khususnya menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya.

"Di lokasi ini ditanam sebanyak 500 bibit cabai, terdiri dari 250 bibit cabai merah besar dan 250 bibit cabai kecil," ungkap Yulaikah Sunggono.

Lebih lanjut, Yulaikah berharap penanaman dan pembagian bibit cabai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi kelompok anggota PKK di Kukar dan sekitarnya. "Semoga manfaatnya nanti bisa kita rasakan bersama-sama, baik melalui Kelompok Wanita Tani (KWT), kelompok tani, maupun di tim penggerak PKK Kukar," imbuhnya.

Kegiatan Gerakan Tanam Cabai Serentak ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kukar dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata komitmen PKK Kukar dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan Indonesia maju. (ADV/DISKOMINFO-KUKAR)