Kepala Pusat Pengendalian pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan, Mini Farida menyebut proses penanganan sampah di Kota Balikpapan sudah terbilang cukup baik.
Kabar Ibu Kota

Peringati HPSN 2023, Kepala P3E Kalimantan Sebut Penanganan Sampah Kota Beriman Sudah Baik

  • IBUKOTAKINI.COM - Kepala Pusat Pengendalian pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan, Mini Farida menyebut proses penanganan sampah di Kota Bali
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Kepala Pusat Pengendalian pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan, Mini Farida menyebut proses penanganan sampah di Kota Balikpapan sudah terbilang cukup baik.

Hal itu disampaikannya dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Kalimantan yang digelar di Hotel Blue Sky Balikpapan pada Senin (20/3/2023).

"Penanganan sampah di Balikpapan ini sekitar 72 persen sudah tertangani dan pengurangannya sekitar 17 sampai 20 persen," jelas Mini kepada awak media.

Menurutnya, angka tersebut sudah sesuai dengan angka yang ditargetkan dan ditetapkan secara nasional. Didukung dengan inovasi-inovasi yang dilakukan.

"Balikpapan juga memiliki salah satu inovasi juga, yaitu pengelolaan sampah organik yang dibuat menjadi sumber energi untuk PLN dan PLTU," katanya. 

Bahkan, Mini mengaku juga telah memperoleh informasi terkait perencanaan pembangunan Pusat Daur Ulang (PDU) dalam mendukung pengolahan sampah di Kota Beriman. 

BACA JUGA:

Sehingga, volume sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Manggar pun akan jauh berkurang dari sebelumnya.

"Membuat PDU-PDU yang ada di kecamatan. Jadi, semuanya (sampah) akan tertangani di kecamatan," imbuhnya.

"Sudah zero (sampah) nanti dan mungkin TPA-nya tidak akan digunakan lagi ke depan," sambungnya.

Dalam pantauannya, Mini menilai, sudah banyak perkembangan yang terjadi dalam pengelolaan dan pengolahan sampah di Balikpapan. Hal ini terlihat dari jumlah tumpukan sampah yang telah berkurang.

"Artinya, penanganan sampah yang tertangani mulai dari sumber sampai dengan TPA itu sudah tertangani dengan baik. Tinggal nanti melihat bagaimana sampah-sampah tersebut bisa dikelola ataupun dimanfaatkan kembali," tandasnya. ###