Peringati HUT ke 79, Kodam VI/Mulawrman Gelar Bhakti Kesehatan Hingga Makanan Gratis
Kabar Ibu Kota

Peringati HUT TNI ke 79, Kodam VI/Mulawrman Gelar Bhakti Kesehatan Hingga Makanan Gratis

  • Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 79 tni tahun 2004 ini, merupakan suatu wujud sosial dan juga dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2024, Kodam VI/Mulawarman menggelar Bhakti Kesehatan, Pembagian Sembako dan Makan Gratis di Makodam VI/Mulawarman, pada hari Minggu, 22 September 2024.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI, Tri Budi Utomo mengatakan kegiatan ini membutuhkan komitmen, integrasi dan empati yang harus diberikan, dalam rangka kegiatan bakti sosial ini untuk mendukung program kemanusiaan, khususnya dalam menuju Indonesia maju.

Lanjut Pangdam mengatakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 79 TNI tahun 2004 ini, merupakan suatu wujud sosial dan juga dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komunitas sosial yang dilaksanakan merupakan wujud nyata kehadiran TNI dan wujud bakti TNI terhadap masyarakat," ucapnya saat memberikam sambutan.

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan secara serentak di jajaran TNI dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 79 TNI. 

“Dengan melaksanakan beberapa kegiatan seperti khitanan, donor darah pelayanan KB Implan, pengobatan umum, pembagian sembako dan makan gratis," ungkapnya.

BACA JUGA:

Di samping itu juga,nantinya akan dapur umum yang bertujuan ke depan dalam rangka untuk memperbaiki gizi masyarakat, agar anak-anak nantinya tidak stunting dan anak-anak bisa tumbuh berkembang lebih lebih baik lagi, sehingga anak-anak bisa bersaing di kancah yang lebih tinggi lagi.

Makanya dibutuhkan itu, nanti akan ada makan sehat makan bergizi yang diberikan secara gratis. Setiap Kodim nanti diwajibkan untuk menyediakan dapur tersebut yang nanti bisa digunakan bersama. 

Apabila ada pihak swasta maupun pihak lain yang akan ikut serta dalam kegiatan dapur tersebut, maka diberikan kesempatan. Dapur yang menyediakan makanan bergizi secara gratis ini akan diberikan kepada seluruh SD, SMP dan SMA.

"Dengan demikian, maka masyarakat yang ada di sekitar kita, khususnya di jajaran Kodam VI/ Mulawarman ini, bisa untuk menikmati makan bergizi tersebut. Semuanya masyarakat bisa berpartisipasi, manakala kita bisa bersinergi bersama-sama, untuk berkeinginan meningkatkan kesejahteraan rakyat, sehingga bisa mengentaskan stunting," tutupnya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Tata Pemerintah Sekda Balikpapan, Zulkipli mengucapkan selamat hari ulang tahun ke 79 TNI.

Pemerintah kota mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan menghadirkan 10 UMKM yang bernaung di Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Balikpapan. 

"Kita bersyukur bisa bergabung dan mendukung kegiatan ini," katanya.

Zulkipli mengucapkan terima kasih kepada Pangdam VI/Mulawarman beserta jajaran  memberikan warga Balikpapan layanan sunatan masal, pemeriksaan kesehatan, sembako dan makanan gratis dengan menggandeng UMKM, sehingga bisa menghidupkan usaha masyarakat. 

"Kita sangat mengapresiasi. Semoga kedepan bisa ditingkatkan," pungkasnya. ***