Peringati Nuzulul Quran, Ustadz Ucay Ajak Warga Perbanyak Ibadah
Balikpapan

Peringati Nuzulul Quran, Ustadz Ucay Ajak Warga Perbanyak Ibadah

  • BALIKPAPAN – Peringati Nuzulul Quran, ribuan warga Balikpapan datangi Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center (BIC) pada Rabu 27
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Peringati Nuzulul Quran, ribuan warga Balikpapan datangi Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center (BIC) pada Rabu 27 Maret 2024. 

Peringatan Nuzulul Quran ini, BIC mendatangkan Ustadz Anugrah Cahyadi dan penyerahan bantuan secara simbolis untuk Palestina yang terkumpul pada tahun 2023. 

Penyerahan bantuan diserahkan langsung Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud yang dihadiri Sekretaris Daerah kota Balikpapan H. Muhaimin Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh agama serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Balikpapan. 

Sebelum mendengarkan tausiyah Ustadz Anugrah Cahyadi atau yang dikenal dengan Ustadz Ucay. Jamaah melaksanakan salat Isya dan Tarawih. 

Di kesempatan itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Nuzulul Quran merupakan momen istimewa bagi umat Islam untuk merenungkan kembali wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

“Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat islam yang memuat petunjuk dan tuntunan dalam segala aspek kehidupan,” ungkapnya dalam sambutan pembukanya. 

Pemerintah Kota Balikpapan berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan kecintaan dan pemahaman masyarakat terhadap Al-Qur’an. 

BACA JUGA:

Salah satunya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan kegiatan Maghrib mengaji dan lain sebagainya. 

“Saya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat. Untuk bersama-sama menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam membangun Kota Balikpapan yang beriman, berakhlak mulia, dan sejahtera,” ajaknya. 

Rahmad menambahkan, jadikan momentum Nuzulul Qur’an ini untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dengan membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

“Semoga bulan ramadan ini membawa berkah dan rahmat bagi kita semua, sehingga kita mampu mewujudkan Balikpapan sebagai beranda utama Ibu Kota Nusantara,” tutupnya. 

Dalam tausyiah, Ustadz Ucay mengajak untuk tidak sombong, pasalnya manusia yang berasal dari tanah, sama seperti pejabat sudah masuk di masjid derajatnya sama dengan masyarakat lainnya sebagai hamba Allah SWT.

“Orang yang duduk di majelis akan di gugurkan (diampuni) dosa-dosa kecil oleh Allah SWT, akan tetapi kalau dosa besar dapat digugurkan (diampuni) dengan cara bertaubat,” ucapnya. 

Termasuk menjelaskan 4 Janji Allah SWT kepada manusia yang beriman. Di antaranya memberikan derajat yang tinggi, kehidupan di Surga, mengabulkan doa dan memberikan Kehidupan yang Baik 

Ustadz Cahyadi juga mengajak, untuk memanfaat bulan ramadhan ini dengan baik jangan sampai di sia-siakan. Bulan ramadhan bulannya Al Qur’an maka dekat diri kita dengan memperbanyak membaca Al Qur’an. (*)