Peringatan 1 Muharaan dengan menggelar doa dan dzikir bersama di Masjid Balikpapan Islamic Center, pada Senin petang (9/8/2021)
Kabar Ibu Kota

Peringati Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Pemkot Gelar Doa Bersama dan Dzikir

  • IBUKOTAKINI.COM – Memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriah, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar doa bersama dan dzikir di Masjid Balikpapan Islamic Center, p
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriah, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar doa bersama dan dzikir di Masjid Balikpapan Islamic Center, pada Senin petang (9/8). 

Doa bersama dan dzikir digelar secara langsung mauun virtual. Kegiatan dipimpin Ketua MUI Balikpapan KH Jaelani Mawardi, Habib Agil dan dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud serta Forkopimda maupun imam masjid. 

“Kita ambil hikmah dari covid di antaranya bagaimana kita tanamkan mau infak dan bersedekah satu sama lain. Kita yang mampu secara materi bantu isoman dan yang merawat. Yang tidak punya materi berlebih bisa bantu tenaga, kalau yang tua bantu doa dan pemikiran,” kata Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud sebelum doa dan dzikir berlangsung.

Menurutnya, saat ini semua harus gotong royong perang lawan Covid-19. Karena penanganan harus dilakukan bersama-sama. 

“Kalau dulu Indonesia sama-sama bersatu gotong royong untuk kemerdekaan, saat ini kita gotong royong perang lawan COVID-19,” paparnya, Senin (9/8/2021).

Rahmad mengatakan, sesuai surat edaran Kemendagri, PPKM Level 4 berakhir pada 9 Agustus 2021. Namun ia mengaku belum menerima surat edaran baru mengenai perpanjangan PPKM lanjutan untuk dua Minggu kedepan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan, Johan Marpaung mengajak warga Balikpapan selalu bersyukur meski di tengah wabah Covid-19. Ia juga mengajak agar masyarakat muslim di Balikpapan untuk bermuhasabah agar kedepan lebih baik lagi.

“Kalau kita sadar jarak antara kita dengan kematian semakin dekat. Ambil pelajaran dari mewabahnya Covid-19 dengan memperbaiki dan menyempurnakan segala kekurangan kita,” tandasnya. 

Peringatan satu Muharram 1443 Hijriah tahun ini dirangkai dengan penyerahan bantuan simbolis dari pemerintah kota kepada sejumlah imam dan marbot yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Lavel 4 perpanjangan.