Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Baijuri
Kabar Ibu Kota

Permudah Proses Pendaftaran, Kemenag Bangun Gedung Pelayanan Haji Terpadu di Tahun 2024

  • BALIKPAPAN - Untuk memudahkan proses kegiatan mendaftar haji, Kementerian Agama Kota Balikpapan akan membangun pusat pelayanan haji
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Untuk memudahkan proses kegiatan mendaftar haji, Kementerian Agama Kota Balikpapan akan membangun pusat pelayanan haji terpadu di Kota Balikpapan, yang berada di wilayah Kecamatan Balikpapan Barat.

"Bulan ini nanti sudah mulai pendirian gedung tersebut. Semua pelayanan ada di gedung itu, sehingga memudahkan jamaah untuk proses pendaftaran haji," jelas Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Baijuri, pada hari Kamis 18 Januari 2024.

Program ini sebenarnya sudah dijalankan Kementrian Agama Republik Indonesia sejak tahun-tahun lalu, hanya saja di Kota Balikpapan baru dibangun pada tahun ini.

Hal itu dikarenakan telah mendapatkan dana untuk pembangunan gedung pelayanan terpadu, dengan dua lantai yang memiliki luas tanah sekitar 10x20 meter.

BACA JUGA:

Pembangunan tersebut bersumber dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diberikan kepada Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan.

Suharto mengungkapkan gedung ini memang sengaja tidak dibangun berdekatan dengan Asrama Haji Embarkasi Balikpapan.

Asrama haji khusus digunakan untuk pelayanan haji seperti manasik haji, keberangkatan dan sebagainya. Sedangkan gedung ini untuk keperluan pendaftaran haji, nantinya akan ada bank, kantor imigrasi dan fasilitas lainnya sebagai penunjang haji.

"Kita punya tanah disitu, maka kita olah tanah itu. Kebetulan lokasinya ada di Balikpapan Barat," pungkasnya. (***)