30% Pekerja dari Kaltim Terlibat dalam Proyek IKN
Kabar Ibu Kota

Permudah Regulasi, Pemerintah Beri Dukungan Investor Lokal

  • IBUKOTAKINI.COM - Kementerian Investasi beserta Otoritas IKN akan mempermudah investor lokal sebagai salah satu bentuk dukungan pembangunan. Kemu
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

JAKARTA, IBUKOTAKINI.COM - Kementerian Investasi beserta Otoritas IKN akan mempermudah investor lokal sebagai salah satu bentuk dukungan pembangunan. Kemudahan tersebut diberikan dalam bentuk regulasi dan pemenuhan infrastruktur seperti ketersediaan listrik, air, dan telekomunikasi.

Hal tersebut diberikan lantaran investor lokal telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Saya menyampaikan apresiasi terhadap pihak swasta hingga saat ini. Regulasi biar menjadi urusan Kementerian Investasi dan Otorita IKN, akan terus dipermudah,” ujar Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia dalam keterangannya, dikutip Senin 14 Agustus 2023.

Adanya dukungan tersebut diharapkan dapat mewujudkan tujuan negara dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun depan di IKN. Selain memberikan dukungan kepada investor, pemerintah menelusuri permasalahan desain paket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang belum rampung untuk gambaran terhadap investor.

"Kita harus bicara mana proyek existing, mana yang harus dikerjakan. Yang penting tidak melanggar substansi, tidak korupsi, dan bertujuan untuk negara," ujar Bahlil. Dukungan pemerintah terhadap investor lokal dengan tindakan percepatan dan respons yang dihadapi penanam modal diapresiasi Konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Selain diapresiasi, Konsorsium PMDN berharap tersedianya bahan material yang dekat dengan lokasi proyek agar percepatan pembangunan proyek menjadi lebih efektif dan efisien. “Ya saya harap urusan logistik agar segera ditindaklanjuti. Izin usaha sudah mudah, sehingga peluang upacara 17 Agustus 2024 sangatlah besar,” ujar pimpinan Konsorsiu PMDN sekaligus pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma.

BACA JUGA:

Diketahui Menteri Investasi beserta dengan Konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe melakukan kunjungan kerja di IKN. Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk meninjau pembangunan di IKN serta menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh para investor dalam proyek pembangunan IKN.

Tidak hanya itu, kunjungan kerja yang dilakukan tersebut sekaligus tindak lanjut Menteri Investasi dengan Konsorsium PMDN pada Juli lalu. Perkiraan untuk rencana investasi di IKN adalah Rp30-40 triliun. Rencananya, Konsorsium PMDN ini akan mulai melakukan groundbreaking pada September 2023 yang akan datang.

Sebelumnya, Tujuh investor swasta dalam negeri dikabarkan akan melakukan pembangunan infrastruktur publik yang meliputi rumah sakit, sekolah, mal perbelanjaan, hotel, dan lainnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  Penandatanganan kesepakatan pembangunan telah dilakukan antara investor dengan badan usaha milik Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bina Karya.(*)