Duplikat bendera pusaka dan salinan naskah teks Proklamasi akan tiba di Kaltim pada 10 Agustus 2024 melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.
Kabar Ibu Kota

Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Makin Matang

  • Duplikat bendera pusaka dan salinan naskah teks Proklamasi akan tiba di Kaltim pada 10 Agustus 2024 melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus mempersiapkan diri guna menyukseskan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Dukungan penuh diberikan melalui koordinasi intensif dengan berbagai lembaga dan kementerian terkait, termasuk Biro Umum Setneg, Setpres, protokol istana, serta lembaga vertikal di Kaltim.

Rapat konsolidasi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, bersama Direktur Ketahanan Pangan OIKN, Setia Lenggono, dan Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Hero Mardanus Satyawan, berlangsung di Pendopo Odah Etam Samarinda pada Senin, 22 Juli 2024. 

Rapat ini juga dihadiri secara online oleh perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Sri Wahyuni menyampaikan bahwa rapat konsolidasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Pemprov Kaltim dalam menyukseskan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN. 

"Hari ini kita mencoba merangkum pokok-pokok rapat, sekaligus mendapatkan informasi dan konfirmasi dari pihak Setneg maupun Setpres terkait skenario peringatan 17 Agustus di IKN," jelasnya.

Dalam rapat tersebut, empat agenda utama dibahas, yaitu mekanisme penerimaan duplikat bendera pusaka dan salinan naskah proklamasi. 

“Duplikat bendera pusaka dan salinan naskah teks Proklamasi akan tiba di Kaltim pada 10 Agustus 2024 melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Kedatangan ini akan disambut oleh barisan penerima yang terdiri dari 38 Purna Paskibraka Kaltim, 10 pasang pakaian adat Kaltim, dan penari daerah dengan tarian Jepen Rampak,” ujar Sri.
  
Yang kedua terkait pengaturan bagi tamu undangan yang berasal dari masyarakat Kaltim agar acara berjalan tertib dan lancar.

Kemudian pelaksanaan Publikasi HUT RI ke-79   akan dikoordinasikan oleh Pemprov Kaltim bersama pemerintah daerah dan Forkopimda untuk memastikan informasi tersebar luas dan diterima masyarakat.

“ Terakhir adalah kesiapan transportasi dan armada VIP yang melibatkan Setneg, Protokol Istana, Biro Umum Setpres, Kapolda Kaltim, Kodam VI Mularman, Otorita IKN, dan kementerian perhubungan terkait kesiapan armada transportasi untuk tamu VIP dan undangan dari Kaltim menuju IKN,” katanya.

"Kami siap menyukseskan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN," tegas Sri Wahyuni.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan peringatan HUT RI di IKN akan berjalan lancar dan khidmat, mempererat semangat kebangsaan di seluruh lapisan masyarakat Kaltim. ***