Persiapan Kunker Presiden RI, Sejumlah Instansi Gelar Rapat Koordinasi Wilayah dan Pengamanan
Kabar Ibu Kota

Persiapan Kunker Presiden RI, Sejumlah Instansi Gelar Rapat Koordinasi Wilayah dan Pengamanan

  • BALIKPAPAN - Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada hari Rabu (20/12) dan Kamis (21/12).

Rapat koordinasi wilayah dan pengamanan, dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI digelar di Hotel Royal Suite, pada hari Senin (18/12/2023). Rapat koordinasi dihadiri Deputi Sarana dan Prasarana Otoritas Ibu Kota Negara;  TNI; POLRI; BUMN; BUMD; Pemerintah maupun Swasta.

Dalam rapat tersebut, Deputi Sarana dan Prasarana Otoritas Ibu Kota Negara, Silvia Halim mengatakan rapat koordinasi ini diselenggarakan untuk membahas kesiapan sarana dan prasarana, dalam kunjungan kerja Presiden RI, dalam rangka groundbreaking di beberapa titik di kawasan IKN.

"Kami mohon dari segi pelaksanaannya, agar para penanggung jawab titik-titik groundbreaking, agar memaparkan kesiapannya," jelasnya.

Untuk titik-titik yang akan dikunjungi alur lalu lintas dan parkirnya diperhatikan dan untuk panitia groundbreaking Universitas Gunadarma, karena lokasinya diluar IKN. 

"Dikoordinasi lagi dengan protokol kepresidenan, apakah jalur darat, apa udara," ucapnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, S.I.P berharap dalam pelaksanaan kegiatan pada kunjungan Presiden RI di Kalimantan Timur sesuai tupoksinya masing-masing.

Untuk lokasi tempat penanaman pohon ada tiga tempat agar di siapkan di masing-masing tempat tersebut. "Kami mohon agar di siapkan secara maksimal di semua titik-titik kegiatan Groundbreaking. Disarankan kepada panitia pelaksana agar dikurangi penggunaan roda empat, sehingga tidak mengganggu atau menumpuknya roda empat di kantong parkir di titik-titik kegiatan," terangnya.

Pada pelaksanaan kegiatan akan berpotensi hujan masing-masing EO agar di perhatikan titik-titik kegiatan. Petugas kesehatan agar disiapkan ambulans 4x4 di IKN karena kondisi cuaca. Termasuk, PLN agar di prioritaskan Jenset di titik-titik kegiatan. 

"Harapannya kita semua bekerja sama, agar kunjungan Presiden RI berjalan dengan lancar dan baik," ujarnya.

Berbagai pemaparan disampaikan para stakeholder terkait untuk persiapan dan pengamanan yang dilakukan saat kunjungan kerja Presiden RI di IKN Provinsi Kaltim. (***)