Irfan Taufik
Balikpapan

Persiapan PPDB 2024, Sekolah Siapkan Sistem Jaringan

  • Untuk tahun ini, peserta didik yang lulus SD sebanyak 14-15 ribu sedangkan SMP berjumlah 8-9 ribu. Kemampuan daya tampung sekolah tingkat SD dan SMP Negeri Balikpapan masing-masing berjumlah 9 ribu.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Balikpapan akan segera dibuka pada bulan Juli 2024 mendatang. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik mengatakan pihaknya saat ini sedang penguatan  sistem jaringan. Namun, secara Petunjuk Teknis (Juknis) sudah siap.

"Seluruh sekolah saat ini sedang penguatan sistem jaringan. Seluruh Kepala Sekolah sudah menandatangi kontraknya. Mudah-mudahan itu lancar, kalau jaringan down menjadi masalah besar," ucapnya kepada media di Balai Kota Balikpapan, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Jaringan merupakan poin penting saat pelaksanaan PPDB secara online. Diharapkan, jaringan tidak down. "Alhamdulillah tahun lalu aman. Tahun ini sementara menyiapkan itu. Kita kerja sama dengan PT Telkom, karena aplikasi PPDB itu milik Telkom," terangnya.

Irfan mengungkapkan daya tampung peserta didik tingkat SD dan SMP negeri Balikpapan masih belum mengatasi, walaupun sudah ada beberapa sekolah negeri didirikan.

BACA JUGA:

"Jumlah sekolah negeri kita dengan siswa siswi yang masuk tidak berbanding lurus. Tapi jika kita gabungkan seluruh sekolah baik negeri dan swasta, maka bisa tertampung, karena penyebaran sekolah kita tidak merata," jelas Irfan.

Untuk tahun ini, peserta didik yang lulus SD sebanyak 14-15 ribu sedangkan SMP berjumlah 8-9 ribu. Kemampuan daya tampung sekolah tingkat SD dan SMP Negeri Balikpapan masing-masing berjumlah 9 ribu.

"SDN di Kota Balikpapan berjumlah 137 sekolah dan SMPN berjumlah 26 sekolah. Kalau semua ke negeri ya tidak bisa, harus ada yang ke sekolah swasta," katanya.

Meskipun demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan masih memberikan bantuan ke sekolah baik sekolah negeri dan swasta seperti halnya seragam sekolah, bantuan subsidi SPP dan bantuan lainnya, sesuai dengan program prioritas Wali Kota Balikpapan H.Rahmad Mas'ud di bidang pendidikan. ***