Pertama di Kalimantan, Pasar Tumpah Pringgondani Dapat Dukungan Forum Ekraf
Bisnis

Pertama di Kalimantan, Pasar Tumpah Pringgondani Dapat Dukungan Forum Ekraf

  • BALIKPAPAN - Kota Balikpapan memiliki wisata alam dengan nuansa tradisional, yakni Pasar Tumpah Pringgondani yang berlokasi di Jalan Gunu
Bisnis
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan memiliki wisata alam dengan nuansa tradisional, yakni Pasar Tumpah Pringgondani yang berlokasi di Jalan Gunung Binjai RT 14 Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.

Pasar tumpah saat ini menjadi viral di media sosial, karena keunikannya. Disisi lain, obyek wisata pertama yang menghadirkan konsep tradisional di Kota Balikpapan.

Ketua Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Balikpapan, Hj Nurlena Mas'ud mengapresiasi dan mendukung wisata pasar tumpah. 

"Ini luar biasa. Kita siapkan fasilitas yang mendukung, sehingga wisatawan yang datang kesini akan merasa puas, karena ini satu-satunya yang ada di Kalimantan," jelasnya saat meninjau langsung Pasar Tumpah Pringgondani, pada hari Minggu 31 Desember 2023.

Ia mengakui wisata alam ini diketahui dari media sosial. Wisata ini dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar, karena pelaku UMKM banyak dari warga sini.

BACA JUGA:

Wisata ini menggunakan alat pembayaran dengan menggunakan kayu, tentunya keunikan ini menjadi ciri khas. "Kita bisa menukar uang dengan menggunakan kayu. Ini jarang terjadi di Republik ini," jelasnya.

Wisata tradisional ini sebagai wujud Kota Balikpapan memiliki keanekaragaman budaya yang harus dilestarikan. "Kita akan mempersiapkan juga bagaimana tidak menimbulkan kemacetan, saat berkunjung ke wisata ini, dengan berkolaborasi antara pelaku wisata pasar tumpang dengan pemerintah," terangnya.

Ketua Ekraf Kota Balikpapan menyampaikan pasar tumpah sudah sangat baik, hanya ruas jalan pasar tumpang dapat diperluas, sehingga saat banyak pengunjung, tidak mengenai makanan dan minuman. 

"Kita sudah bicarakan dengan pengelola," imbuhnya. 

Ia menginginkan wisata ini terus menarik perhatian para wisatawan sampai seterusnya, tidak hanya sampai disini saja. Pengurus wisata dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal ini dinas terkait. 

"Kita akan terus sharing dengan dinas yang berkaitan dengan pariwisata. Wisata ini sudah masuk dalam desa wisata," ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan pasar tumpah Pringgondani menjadi salah satu dari tiga desa wisata Indonesia di Kota Balikpapan, yang sudah memiliki Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan. 

Wisata ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian, karena animo masyarakat sangat baik dan pemberdayaan UMKM yang baik. Termasuk, meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (***)