Peresmian showcase gerai Pertamina di Plaza Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Pertamina Resmikan Showcase Gerai UMKM di Plaza Balikpapan

  • Pertamina Resmikan Showcase Gerai UMKM di Plaza Balikpapan

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pertamina resmikan showcase gerai UMKM di Plaza Balikpapan sebagai bentuk pembinaan kepada mitra binaan di masa pandemi covid-19. Peresmian showcase gerai UMKM ini berlokasi di Lantai dasar Plaza Balikpapan dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian, M. Yusuf, General Manager Plaza Balikpapan Aries Adriyanto, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun, dan Ketua IWAPI Balikpapan Ernawaty Gafar pada Rabu, (04/11).

Pembinaan melalui peresmian showcase gerai UMKM ini merupakan salah satu bentuk pendampingan Pertamina kepada mitra binaannya selain kegiatan pelatihan, pameran, workshop dan bentuk pendampingan dan upskilling lainnya.

Kegiatan ini  merupakan perjalanan kerjasama Pertamina bersama Ikawatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Balikpapan yang terlebih dahulu telah melaksanakan MoU bersama pada Februari 2020 lalu bertempat di Plaza Balikpapan. Adapun gerai ini akan dibuka lebih kurang selama (tiga) 3 bulan kedepan yang diikuti oleh UMKM yang sudah masuk menjadi mitra binaan UMKM Pertamina bekerjasama dengan IWAPI Kota Balikpapan.

"Kami segenap manajemen Plaza Balikpapan sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan Pertamina dan IWAPI Kota Balikpapan untuk dapat membuka showcase gerai UMKM di tempat kami, yang mana kami disini akan turut memberikan support penuh sebagai bentuk dukungan kami sesuai arahan Kementrian Perdagangan dan juga Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan dukungan demi kemajuan usaha UMKM", ujar Aris.

"Peresmian showcase gerai UMKM ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Pertamina kepada UMKM binaannya, dalam hal ini bekerjasama dengan IWAPI Kota Balikpapan. Selain pembukaan gerai penjualan, Pertamina juga memberikan pembinaan kepada mitra binaan antara lain pelatihan, pameran dan beberapa kegiatan pembinaan lainnya. Sampai dengan saat ini, Pertamina bekerjasama dengan IWAPI Kota Balikpapan telah menyalurkan lebih kurang 4 milyar rupiah pinjaman modal usaha kepada UMKM dibawah binaan IWAPI Kota Balikpapan dengan berbagai lini sektor usaha, mulai dari perdagangan, jasa dan industri kreatif,” tutur Roberth Marchelino Verieza, Region Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan.

Penyaluran Program Kemitraan dalam bentuk modal usaha kepada UMKM merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat disekitar lokasi operasional Pertamina. Pada tahun 2020 ini, Pertamina telah menyalurkan lebih kurang 12 milyar rupiah kepada UMKM yang tersebar di berbagai provinsi di Kalimantan yang jumlah lebih kurang 120 mitra binaan.