Pertimbangkan Aspek Keselamatan, DPU Belum Izinkan Pengguna Jalan Lewat Jalur Depan Global Sport
Kabar Ibu Kota

Pertimbangkan Aspek Keselamatan, DPU Belum Izinkan Pengguna Jalan Lewat Jalur Depan Global Sport

  • IBUKOTAKINI.COM - Wacana pembukaan jalur di depan Global Sport yang tengah dalam proses pengerjaan proyek DAS Ampal, belum juga dapat direalis
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wacana pembukaan jalur di depan Global Sport yang tengah dalam proses pengerjaan proyek DAS Ampal, belum juga dapat direalisasi hari ini, Rabu (29/3/2023).

Kabar terkait rencana pembukaan jalur ini diterima sejumlah pihak dengan melihat kondisi pengerjaan proyek yang terlihat sudah dapat dilalui kendaraan. 

Rafiuddin, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mengatakan akan mempersiapkan kondisi jalan yang masih perlu dibersihkan dari lumpur dan pasir yang dapat membahayakan pengguna jalan.

BACA JUGA:

Persiapan tersebut dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan yang akan membersihkan lumpur dan pasir yang masih berada di jalur.

Selain itu, sejumlah rekomendasi juga diterima pihak Pemerintah Kota Balikpapan untuk mempertimbangkan aspek keselamatan pengguna jalan yang akan melintas, baik kendaraan roda dua dan roda empat.

"Arahan Kasatlantas dan Dishub tadi, kita akan lakukan uji coba dulu kendaraan roda empat dari arah Wika ke arah Transmart atau ke kota," ucap Rafiuddin ketika ditemui di lokasi pengerjaan proyek sore ini. 

PLT Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan Rafiudin 

"Kami tunggu rekomendasi dari mereka (Dishub dan Polantas) lagi," tambahnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan alat pengaman untuk mengakomodir pengguna jalan. Mengingat, kondisi jalan tersebut belum sepenuhnya selesai 100 persen.

Beberapa pengguna jalan kendaraan roda dua juga tampak sudah ada yang melintas, walaupun belum ada instruksi terkait izin pembukaan jalur tersebut.

"Tetapi, secara formal memang belum diizinkan lewat sini karena menyangkut keselamatan pengguna jalan," tegasnya. ###