Kabar Ibu Kota

Pesan Bupati Kukar : Penanganan Inflasi Harus di Lakukan Secara Konsisten

  • KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM—Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta jajarannya lebih cepat tanggap dan konsisten dalam melakukakan penanga
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM—Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta jajarannya lebih cepat tanggap dan konsisten dalam melakukakan penanganan inflasi.

Hal itu dia ungkapkan saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Dalam Upaya Pengendalian Harga dan Ketersediaan Pangan di Kutai Kartanegara, Selasa (17/10/2023), berlokasi di ruang serbaguna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

“Bagaimana untuk meningkatkan dan mempertahankannya, kita harus konsisten melakukan penanganan inflasi. Pengendalian inflasi, sangatlah erat kaitannya dengan kondisi pangan, fenomena alam dan adanya perang,” ungkap Edi. 

Dia menambahkan, adanya kebijakan pemerintah pusat ke daerah, khususnya Kukar harus cepat ditanggapi dinas terkait.

“Kebijakan yang dilakukan secara nasional akan memberikan pengaruh bagi bangsa dan negara Indonesia. Jika tidak dilakukan dengan baik, tentunya akan berdampak terhadap situasi dan kondisi ditengah masyarakat,” ujarnya.

Edi Damansyah melanjutkan bahwa, salah satu program pengendalian inflasi ialah kegiatan “pangan murah.”

Edi juga berpesan, agar kegiatan pangan murah harus tepat sasaran, dan sampai ke masyarakat yang membutuhkan, dengan berbasis data yang ada.

“Kontrol dan awasi dengan baik bahan pangan yang akan dipasarkan di setiap kecamatan, jangan sampai lewat waktu hingga bahan pangan tersebut tidak bisa dikonsumsi. Monitoring ini dengan baik dan pastikan kualitas barang memang layak didistribusikan,” ujarnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dan semua stakeholder terus bekerjasama dalam pengendalian inflasi di daerah Kukar.

“Kita optimis ini bisa berjalan dengan baik, agar pengendalian inflasi di daerah bisa dikendalikan dengan baik, tentu semua harus ada kerjasama yang baik dari semua stakeholder dan OPD terkait  harus konsisten melakukannya sesuai dengan target yang ingin dicapai,” harap Edi. (adv)