Pesan Kepala Basarnas di HUT ke 52: Safety First dalam Laksanakan Tugas SAR
Kabar Ibu Kota

Pesan Kepala Basarnas di HUT ke 52: Safety First dalam Laksanakan Tugas SAR

  • BALIKPAPAN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 52 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Tahun 2024, Kantor Pencarian dan
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 52 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Tahun 2024, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan menggelar upacara di Halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, pada Kamis, 29 Februari 2024.

Upacara dipimpin Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Djoni Sugiarto. Upacara berlangsung dengan khidmat, Kasubbag Umum saat upacara membacakan amanat dari Kepala BASARNAS, Marsekal Madya TNI Kusworo.

Pada peringatan HUT ke 52 BASARNAS, Djoni Sugiarto berpesan kepada seluruh tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, agar mengutamakan safety first dalam melaksanakan tugas SAR baik mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban.

"Personil juga harus menggunakan Alat Pelindung Diri, karena ini merupakan hal yang penting saat bertugas di lapangan," jelasnya.

Tema peringatan HUT ke 52 Tahun 2024 adalah Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa, yang artinya semua tim SAR dalam melaksanakan tugas di lapangan harus bertindak cepat, tepat dan terukur. 

BACA JUGA:

"Kita harus terus selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun yang membutuhkan. Pekerjaan SAR memiliki risiko tinggi, karena itu safety first dan zero accident menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan saat menjalankan tugas," terangnya.

Pada peringatan HUT ke 52 BASARNAS, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan juga melaksanakan donor darah.

Ia pun menyampaikan lima poin untuk dipedomani dalam bekerja. Pertama, tingkatkan iman dan taqwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa, selalu berdoa dalam melaksanakan  tugas dengan tulus, ikhlas, dan loyal.

Kedua, pegang teguh panca prasetya korpri  dan janji rescue dalam pelaksanaan tugas. Ketiga, wujudkan  profesionalisme sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) berakhlak, yaitu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, harmonis, loyal, adaptif,    dan kolaboratif yang berpedoman pada Standard Operating Procedure (SOP).

Keempat, wujudkan sinergitas dan jaga kekompakan dengan seluruh potensi SAR dimanapun bertugas dengan mengedepankan  dan menjaga kepercayaan rakyat. Dan kelima,  terus berinovasi dan kembangkan kreativitas dengan proaktif mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Ia berharap, dengan kecepatan, kapabilitas, dan SOP di segala aspek, Basarnas   ke depan dapat  lebih  baik dan lebih  baik lagi. 

"Selamat ulang tahun ke 52 Basarnas, quick action, satu jiwa satu rasa," ujarnya. (*)