Ilustrasi kebun karet.
Ekonomi

Petani Karet di Penajam Dapat Bantuan Cairan Lateks dari Disbun Kaltim

  • IBUKOTAKINI.COM – Dinas Perkebunan Kalimantan Timur menterahkan bantuan 50 liter cairan pembeku lateks sebagai upaya peningkatan program pengembangan pengo
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Perkebunan Kalimantan Timur menterahkan bantuan 50 liter cairan pembeku lateks sebagai upaya peningkatan program pengembangan pengolahan perkebunan dan peningkatan mutu komoditi perkebunan karet. 

Bantuan diberikan kepada Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Setia Kawan di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara telah diserahkan pada Jumat (2/9/2022) lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad  dalam pernyataan resminya mengatakan tahun ini, bantuan tersebut berasal dari dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05) Kementerian Pertanian. 

BACA JUGA:

“Tujuannya mendukung kegiatan sarana fasilitasi pengolahan karet di beberapa wilayah di Kaltim” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad didampingi Pengawas Mutu Hasil Pertanian Muda, Hesti Dameswari, dikutip dari Biro Adpim, Selasa, 6 September 2022. 

Hesti Dameswari menambahkan, Kaltim merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan, termasuk komoditi karet. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar pengolahan pasca panen karet (lateks) menjadi lebih berkualitas sesuai standar nasional.

Ditambahkannya, UPPB Setia Kawan juga mendapat bantuan alat tulis kantor berupa kertas kop surat UPPB, kalkulator, buku agenda, buku keuangan, kwitansi map arsip dan bolpoint.

Selain itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan dan diserahkan kepada 3 UPPB binaan lainnya yang tersebar di Kutai Timur, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. "Masing-masing menerima 50 liter pembeku lateks merk Specta," sebutnya. ###