H Soegianto, Ketua PHRI Balikpapan
Ekbis

PHRI Balikpapan Imbau Anggota Jaga Tarif Hotel Tetap Wajar

  • Pemerintah temukan sebuah hotel pasang tarif Rp60 juta per kamar per malam.
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Balikpapan kembali mengingatkan anggotanya untuk menjaga tarif hotel agar tetap wajar dan tidak memanfaatkan momentum tertentu untuk menaikkan harga secara berlebihan.

Hal ini disampaikan menyusul adanya temuan tarif hotel di salah satu platform Online Travel Agent (OTA) yang mencapai hingga Rp60 juta per kamar per malam. 

PHRI menduga bahwa kenaikan tarif tersebut merupakan salah satu strategi hotel untuk tetap mendapatkan exposure serta positioning hotel tersebut di landing page pencarian hotel Balikpapan, di laman aplikasi OTA.

“Kami mengimbau kepada seluruh anggota PHRI Balikpapan untuk menjalankan bisnis secara fair dan tidak memanfaatkan momentum dengan menaikkan tarif kamar hotel secara tidak wajar,” ujar Ketua PHRI Kota Balikpapan, Soegianto dalam siaran pers.

Lebih lanjut, Soegianto menjelaskan bahwa tarif hotel yang tidak wajar dapat berdampak buruk terhadap citra Kota Balikpapan sebagai destinasi wisata. 

Hal ini dapat membuat wisatawan enggan untuk berkunjung ke Balikpapan, sehingga dapat menghambat pemulihan sektor pariwisata.

“PHRI Balikpapan berkomitmen untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di Kota Balikpapan. Oleh karena itu, kami mohon kepada seluruh anggota untuk menjaga tarif hotel agar tetap wajar dan tidak merugikan wisatawan,” tegas Soegianto. ***