Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Wali Kota Balikpapan Ajak Warga Sukseskan Pembangunan IKN
Balikpapan

Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Wali Kota Balikpapan Ajak Warga Sukseskan Pembangunan IKN

  • Tepat pukul 10.00 WITA, sirene tanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan berbunyi. Seluruh peserta upacara berdiri dalam sikap sempurna, memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di BSCC Dome, Sabtu 17 Agustus 2024.

Upacara dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dan dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD, serta sejumlah tamu undangan.

Tampak ribuan Ketua RT dari berbagai wilayah di Balikpapan turut hadir dan memadati lokasi acara sejak pagi hari. Untuk mendukung kelancaran kegiatan, pemerintah menutup satu jalur di depan BSCC Dome selama upacara berlangsung.

Tepat pukul 10.00 WITA, sirene tanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan berbunyi. Seluruh peserta upacara berdiri dalam sikap sempurna, memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Pengibaran bendera sang merah putih juga berlangsung lancar oleh paskibraka yang bertugas. Tampak sejumlah personel dengan hidmat mengikuti upacara. Dan pembacaan teks proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono. 

Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan bahwa upacara ini merupakan wujud kebersamaan antara pemerintah kota dan masyarakat. 

BACA JUGA:

"Di momentum HUT RI ini, mari kita jaga kesatuan dan persatuan di tengah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)," katanya.

Rahmad juga menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk mensukseskan pembangunan IKN. "Kebersamaan kita semua sangat diperlukan untuk membangun IKN. Jangan lupa, anak-anak muda harus memiliki semangat juang dan pantang menyerah," tuturnya.

Pada upacara tersebut, Ketua TP PKK Balikpapan, Hj Nurlena Rahmad Mas’ud, menarik perhatian dengan mengenakan baju adat Paser Balik. Rahmad menegaskan pentingnya menjaga nilai luhur budaya di tengah era globalisasi. 

"Beliau adalah orang Paser. Jangan sampai nilai-nilai luhur budaya kita terabaikan, apalagi suku Paser yang harus tetap dilestarikan," tambahnya.

Upacara diakhiri dengan tarian Nusantara untuk menghibur para tamu undangan. Tampak hadir juga Sekretaris Daerah Kota Balikpapan H. Muhaimin S.T., M.T beserta isteri. (*)