Pj Bupati PPU Buka MTQ ke-19: Wujud Masyarakat Cinta Al-Qur'an
Penajam

Pj Bupati PPU Buka MTQ ke-19: Wujud Masyarakat Cinta Al-Qur'an

  • MTQ ke-19 ini mengangkat tema "Dengan Musabaqah Tilawatil Qur'an Kita Wujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur'an untuk Bangsa yang Bermartabat di Serambi Nusantara."
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-19 Tingkat Kabupaten PPU pada Sabtu malam (27/4/2024) di lapangan Kelurahan Waru. Acara ini diikuti oleh empat kafilah dari empat kecamatan di PPU, yaitu Waru, Penajam, Babulu, dan Sepaku.

MTQ ke-19 ini mengangkat tema "Dengan Musabaqah Tilawatil Qur'an Kita Wujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur'an untuk Bangsa yang Bermartabat di Serambi Nusantara."

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Makmur Marbun menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ selalu diarahkan untuk menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat dalam mempelajari dan memahami Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. MTQ ini, lanjutnya, menjadi tolak ukur pembinaan seni baca Al-Qur'an di PPU.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial, tetapi menjadi momentum strategis dalam pembangunan dan kehidupan masyarakat dengan nilai-nilai Qur'ani.

BACA JUGA:

"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi terselenggaranya MTQ ke-19 Tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Pj. Bupati Makmur Marbun.

Ia juga menyampaikan program pemerintah terkait keagamaan, seperti apresiasi tunjangan sebesar Rp 3,6 juta per orang per tahun kepada 1.297 guru TKA/TPA dan 225 guru mengaji tradisional. Selain itu, hibah bidang keagamaan kepada 76 rumah ibadah dengan alokasi anggaran Rp 7,6 miliar dan subsidi pembayaran listrik 289 rumah ibadah dengan alokasi anggaran Rp 1,3 miliar.

Pembukaan MTQ ke-19 ini dimeriahkan dengan pelantikan Dewan Hakim MTQ, penyerahan tunjangan kepada guru mengaji tradisional, dan pembagian doorprize berupa sepeda gunung, kulkas, tv, dan hadiah menarik lainnya.

“Harapannya MTQ ini dapat meningkatkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur'an, serta melahirkan generasi Qur'ani yang berakhlak mulia dan cinta Tanah Air,” tambahnya. (ADV/DISKOMINFO-PPU)