Pj Bupati PPU Buka PKU Akbar untuk Tingkatkan Kapasitas UMKM di Era Digital
Penajam

Pj Bupati PPU Buka PKU Akbar untuk Tingkatkan Kapasitas UMKM di Era Digital

  • Kegiatan PKU yang dilakukan oleh PT PNM ini dapat memberikan kontribusi yang lebih kepada masyarakat Bumi Benuo Taka agar lebih mengerti dan lebih mandiri dalam menjalankan usahanya.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, membuka kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar yang diadakan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Kabupaten PPU. 

Acara yang berlangsung di Gedung Dome Anden Oko ini mengusung tema "Literasi Keuangan dan Digital untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten PPU".

Lebih dari 2.000 peserta, terdiri dari nasabah Mekaar di Benua Taka, mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Dalam sambutannya, Pj Bupati Makmur Marbun menekankan pentingnya literasi keuangan dan digital bagi para pelaku UMKM di era digital saat ini.

"Teknologi digital dan dunia usaha, termasuk UMKM, sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini terlihat dari kemajuan zaman saat ini, baik itu dari segi penjualan maupun transaksi pembayaran menggunakan digitalisasi atau non-tunai," ujar Makmur Marbun.

Beliau menambahkan bahwa program pengembangan UMKM di Kabupaten PPU menunjukkan tren yang positif, salah satunya dengan hadirnya kegiatan Alun-Alun setiap akhir pekan. 

Kegiatan ini tidak hanya memberikan ruang hiburan bagi masyarakat, tetapi juga mampu memberikan efek yang luar biasa terhadap penguatan UMKM di Kabupaten PPU.

BACA JUGA:

"Bahkan saat ini UMKM di Alun-Alun semuanya sudah menggunakan pembayaran digitalisasi atau non-tunai seperti Qris yang terus digalakan bagi para pelaku usaha," tambah Makmur Marbun.

Menurut Pj Bupati, kegiatan PKU yang dilakukan oleh PT PNM ini dapat memberikan kontribusi yang lebih kepada masyarakat Bumi Benuo Taka agar lebih mengerti dan lebih mandiri dalam menjalankan usahanya.

"Hal ini tentu membuktikan bahwa PT PNM sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat, termasuk menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia dalam menciptakan kemandirian ekonomi melalui UMKM dan usaha-usaha lainnya," terang Makmur Marbun.

Lebih lanjut, Pj Bupati Makmur Marbun berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan PKU dengan baik karena banyak informasi dan ilmu yang nantinya menjadi pendukung bagi para nasabah.

"Semoga apa yang dilakukan oleh PT. PNM pada hari ini bisa terus ditingkatkan di tahun yang akan datang. Selain itu, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi para stakeholder lainnya untuk terus bekerjasama dan berkontribusi terhadap pembangunan daerah demi terciptanya masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang lebih sejahtera," tutup Makmur Marbun. (Adv/Diskominfo PPU)