Pj Bupati PPU, Makmur Marbun
Kabar Ibu Kota

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun Tak Mau 'Main Mata'

  • IBUKOTAKINI.COM - Sebanyak 22 orang bakal calon Kades dari tiga desa di kabupaten PPU saat ini mengikuti seleksi tertulis untuk mengikuti pemilihan kepala desa, akhir bulan ini.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PPU, IBUKOTAKINI.COM - Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (Pj Bupati PPU) Makmur Marbun mengingatkan jajarannya tak main mata dalam seleksi bakal calon kepada desa (Kades). 

Sebanyak 22 orang bakal calon Kades dari tiga desa di kabupaten PPU saat ini mengikuti seleksi tertulis untuk mengikuti pemilihan kepala desa, akhir bulan ini.  Seleksi tertulis digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU, Senin, 9 Oktober 2023.

“Saya tidak mau melakukan seleksi kalau dalam prosesnya ada yang main mata. Oleh karena itu, hari ini saya harus panggil tim yang independen untuk melakukan seleksi ini,” kata Makmur Marbun dikutip dari pernyataan resmi yang dilansir Humas Pemkab PPU.

 Dalam pelaksanaan seleksi tersebut, Makmur Marbun menekankan pentingnya proses seleksi yang fair-play sehingga Pemerintah menghadirkan langsung tim independen dari ICLD.

Hal ini tentu didasari pada beberapa pertimbangan. Diantaranya, untuk memberikan jaminan dan keyakinan kepada peserta ujian bahwa seleksi ini benar-benar objektif, tidak ada unsur kepentingan, tidak ada campur tangan ataupun intervensi dari pihak manapun.

BACA JUGA:

Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan bahwa sesuai ketentuan, jika di satu desa memiliki bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi/lulus berkas pada saat proses pendaftaran maka dilakukan seleksi tambahan.

Dia juga mengapresiasi bahwa peserta calon kepala desa di PPU begitu tinggi bahkan di beberapa desa yang ada pesertanya hingga melebihi jumlah yang ditentukan. Namun kata pria yang dikenal tegas ini, diharapkan tingginya minat masyarakat PPU menjadi kepala desa tersebut bukan semata-mata karena anggaran yang ada di desa itu besar.

“Saya berharap keinginan menjadi kepala desa itu bukan hanya karena tertarik dengan besarnya anggara yang ada di desa. Tetapi lebih dari itu mampu membawa kemajuan bagi daerahnya khususnya desa yang dipimpin nantinya,” ujar dia.

BACA JUGA:

Tiga desa yang mulai melkaukan seleksi bakal calon kades meliputi Desa Giripurwa Kecamatan Penajam dengan bakal calon sebanyak 9 orang, desa Gunung Intan Kecamatan Babulu 7 orang dan desa Labangka Barat Kecamatan Babulu sebanyak 6 orang.

Tahun ini PPU akan menggelar pemilihan kepala Desa serentak oleh 14 Desa tersebar di 4 kecamatan. Sesuai matriks tahapan yang telah berjalan, pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2023. ***