Pj Bupati PPU Makmur Marbun Tekankan Relevansi Data untuk Kebijakan yang Tepat
Penajam

Pj Bupati PPU Makmur Marbun Tekankan Relevansi Data untuk Kebijakan Tepat

  • Data yang tidak diperbaharui akan kehilangan nilainya dan tidak dapat digunakan secara efektif untuk perencanaan dan pengambilan keputusan.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Dalam sebuah acara yang berlangsung baru-baru ini, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menegaskan pentingnya pembaruan data secara berkala. Menurutnya, data yang tidak diperbaharui akan kehilangan nilainya dan tidak dapat digunakan secara efektif untuk perencanaan dan pengambilan keputusan.

“Jadi harus updating, yang mengupdating data ini harus ada orang yang ditugaskan khusus untuk update kalau enggak percuma,” ujar Makmur Marbun. 

Pernyataan ini menyoroti betapa krusialnya memiliki tim khusus yang bertanggung jawab dalam pembaruan data, sehingga data tersebut selalu terkini dan dapat diandalkan.

Makmur Marbun juga mengulas bagaimana data statistik yang akurat dapat menarik investasi dan mendukung perencanaan tata ruang wilayah (RTRW). Dia menjelaskan bahwa data yang tidak valid atau tidak terkini bisa menimbulkan ketidakpastian bagi para investor. 

“Sama dengan data statistik, bisa enggak dipakai itu nanti untuk investor, jangan-jangan berbeda karena kita sedang merubah RTRW,” tambahnya.

BACA JUGA:

Dengan perubahan RTRW yang sedang berlangsung, kebutuhan akan data yang akurat menjadi semakin krusial. Data yang tepat dapat membantu dalam menentukan kebijakan yang mendukung investasi dan pengembangan wilayah secara berkelanjutan. Makmur Marbun menyadari bahwa tanpa data yang valid, pengambilan keputusan akan terhambat dan bisa berakibat pada kebijakan yang tidak tepat sasaran.

Pentingnya data yang valid juga mencakup berbagai sektor lain, termasuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Dengan data yang akurat, pemerintah dapat membuat perencanaan yang lebih baik dan mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien.

Makmur Marbun menekankan bahwa pembaruan data harus menjadi prioritas utama bagi setiap instansi pemerintah. 

“Penugasan khusus untuk pembaruan data akan memastikan bahwa data yang dimiliki selalu up-to-date dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan strategis,” pungkasnya. ***