Pj Bupati PPU, Makmur Marbun berdiskusi dengan Menhub Budi Karya. (FOTO: HUMAS SETKAB PPU)
Kabar Ibu Kota

Pj Bupati PPU Makmur Marbun Negosiasi Pembangunan Tol Laut

  • BALIKPAPAN - Keberadaan tol laut bisa menekan ongkos distribusi barang dan jasa di Kabupaten Penajam Paser Utara.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas percepatan pembangunan Tol Laut.

Dalam pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ini, Marbun banyak berdiskusi tentang beberapa aspek yang memang menjadi concern-nya di bidang infrastruktur, sehingga bisa terealisasikan dalam waktu yang dekat.

Marbun juga menyampaikan pentingnya pembangunan Tol Laut sebagai bagian dari upaya mendukung logistik Non Material di IKN dan Pembangunan Bandara Udara VVIP IKN.

“Saya memohon ke Menhub agar rencana pembangunan Tol Laut dimaksud membantu mendistribusikan kebutuhan pokok masyarakat di PPU. Sebab selama ini, rantai distribusi kebutuhan pokok dengan jalur dari luar PPU masuk ke Pelabuhan Semayang Balikpapan lalu ke Pandansari,” kata Marbun. 

BACA JUGA:

"Lalu ke satu pelabuhan lagi di Balikpapan, baru setelah itu masuk ke PPU. Hal itu membuat cost pengiriman menjadi tinggi,” imbuh Marbun dalam pernyataan dilansir Humas Setkab PPU. 

Di lain pihak, Budi Karya Sumadi selaku Menhub secara prinsip setuju dengan usulan tersebut, namun tempat pembongkaran tidak langsung ke pelabuhan Buluminung.

“Saya setuju dengan menggunakan kapal roro, namun tetap di Pelabuhan Semayang, akan tetapi distribusi bisa langsung, tidak lagi berpindah-pindah tempat, karena setiap kali bongkar muat dipastikan ada cost lagi di dalamnya,” ucap Budi dilansir Humas Setkab PPU.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten PPU, Andi Singkeru mengapresiasi langkah Pj Bupati Makmur Marbun.

BACA JUGA:

“Kami dari dishub PPU mengapresiasi sekali usulan ini, karena pak Marbun bisa mengkoordinasikan secara langsung ke Pak Menhub sehingga rantai kebijakan untuk menentukan keputusan dapat secara langsung diputuskan oleh Pak Menteri,” kata Andi.

“Semoga terobosan yang dilakukan Pak Bupati dapat terus mendapat support dari seluruh SKPD terkait, sehingga langkah yang terus dilakukan Pak Bupati semakin mudah dalam rangka memajukan daerah kita tercinta ini, Kab Penajam Paser Utara selaku Serambi Nusantara,” imbuhnya. ***