Pj Bupati PPU Zainal Arifin Pimpin Rakor Skema Pembiayaan Pembangunan Melalui PT SMI
Penajam

Pj Bupati PPU Zainal Arifin Pimpin Rakor Skema Pembiayaan Pembangunan Melalui PT SMI

  • Keberadaan PT SMI menjadi salah satu alternatif pembiayaan melalui pinjaman yang dapat mendukung program-program prioritas daerah.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait skema pembiayaan pembangunan daerah melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang berlangsung di Kantor Bupati PPU pada Selasa 22 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin menjelaskan bahwa pinjaman daerah merupakan salah satu opsi untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten PPU. Di mana membuka peluang pendanaan kreatif, terutama di tengah tantangan pembangunan di daerah yang membutuhkan dukungan finansial.

"Prinsipnya, hari ini kita sedang berdiskusi untuk membuka peluang-peluang pendanaan kreatif untuk pembiayaan pembangunan di Kabupaten PPU," ungkap Zainal Arifin.

Zainal menjelaskan bahwa keberadaan PT SMI menjadi salah satu alternatif pembiayaan melalui pinjaman yang dapat mendukung program-program prioritas daerah. Pinjaman tersebut berfungsi sebagai pendukung untuk kegiatan pembangunan yang penting bagi kesejahteraan masyarakat.

"Saat ini kita masih menjajaki opsi pinjaman ini, dan hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut. Ketua DPRD juga mengamanatkan agar kita memperhatikan efektivitas program, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat," tambahnya.

BACA JUGA:

Dalam rapat tersebut, Zainal Arifin juga mengungkapkan bahwa Pemkab PPU masih memiliki pinjaman aktif dengan PT SMI yang akan berakhir pada 2026. Meskipun demikian, diskusi terkait pembiayaan melalui pinjaman baru masih terus berlangsung.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten PPU, Rauf Muin, dalam rapat tersebut menyampaikan pandangannya mengenai tantangan pembiayaan pembangunan di PPU. Dengan wilayah yang luas namun populasi yang belum padat, Rauf menilai bahwa PPU memerlukan pendanaan yang lebih besar dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia.

Ia juga mengkritisi sejumlah proyek pembangunan yang dibiayai melalui pinjaman PT SMI di masa lalu, seperti proyek pembangunan Coastal Road, yang hingga kini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perencanaan yang matang sangat penting agar setiap investasi yang dilakukan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

"Terkait pinjaman, pada prinsipnya kami tidak masalah dan mendukung jika itu untuk kebaikan PPU. Namun, rasanya sayang jika dana yang besar tidak digunakan dengan tepat. Oleh karena itu, perencanaan harus jelas," kata Rauf.

Rakor ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten PPU, Rauf Muin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra PPU, Nicko Herlambang, jajaran PT SMI, serta sejumlah kepala OPD dan pejabat terkait. (Adv/Diskominfo PPU)