Ada enam panti asuhan yang dikunjungi Pj Gubernur Akmal bersama istri dan keluarga.
Samarinda

Pj Gubernur Akmal Malik Bawa Tradisi Baru Lebaran di Benua Etam

  • Berbeda dengan tradisi Lebaran pejabat lainnya, Akmal Malik memilih mengunjungi panti asuhan di hari pertama Idulfitri.
Samarinda
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

SAMARINDA - Berbeda dengan tradisi Lebaran pejabat lainnya di Kalimantan Timur, Penjabat Gubernur Akmal Malik memilih untuk mengunjungi panti asuhan di hari pertama Idulfitri. 

Tradisi baru ini ia bawa sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim piatu yang kurang beruntung.

"Saat kita berbahagia (merayakan Idulfitri), di tempat lain masih ada saudara-saudara kita yang kurang beruntung," kata Akmal Malik di Rumah Jabatan Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Jumat (12/4/2024).

Kunjungan ke panti asuhan ini menjadi pengingat bagi Akmal bahwa sebagai pemimpin, ia memiliki tanggung jawab untuk melayani rakyat, termasuk mereka yang kurang beruntung.

"Saya ingin berbagi bahagia. Memang mereka minoritas, tapi mereka akan men-trigger kita. Mengingatkan kita bahwa bahagia itu adalah hak semua orang," jelas Akmal.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Akmal menuturkan bahwa bulan Ramadan telah memberinya banyak pelajaran hidup tentang makna pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

"Seorang pemimpin harus hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ingat, pemimpin hadir bukan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi melayani masyarakat," pesannya.

Akmal berharap langkah kecilnya ini dapat menjadi contoh bagi para aparatur negara dan pemimpin lainnya untuk selalu mengingat tugas mereka sebagai pelayan publik.

"Gubernur, bupati, wali kota, bahkan menteri sekalipun adalah pelayan masyarakat. Maka kita harus melayani masyarakat," tegasnya.

Akmal menutup pesannya dengan harapan agar semua orang dapat terus berbuat baik dan mendapatkan ridha Allah SWT.

BACA JUGA:

"Kadang memang tidak mudah berbuat baik itu. Karena perspektif orang itu pasti berbeda-beda. Tapi hari ini kita sudah bermaaf-maafan. Kita mulai dari nol kilometer lagi. Teruslah berbuat baik. Semoga semua hal baik diridai Allah SWT," tutup Akmal. 

Didampingi istri Yulia Zubir bersama anak dan kerabat dekatnya, Akmal Malik mengunjungi beberapa panti asuhan di Kota Tepian Samarinda dan Tenggarong, Kutai Kartanegara, pada hari Rabu (10/4/2024). ***