Gubernur Kaltim Isran Noor
Kabar Ibu Kota

Pj Gubernur Kaltim Segera Dilantik, Ini Pesan Isran Noor

  • IBUKOTAKINI.COM – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengakhiri jabatannya pada Sabtu, 30 September 2023. Pj Gubernur Kaltim dilantik Senin, 2 Oktober 2023
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor akan mengakhiri jabatannya pada Sabtu, 30 September 2023. Meski belum diketahui siapa pejabat yang akan ditunjuk menggantikan posisinya, diperkirakan Presiden akal melantik Penjabat Gubernur Kaltim pada 2 Oktober 2023. 

Sampai hari ini, nama Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, disebut sebagai calon kuat. Soal nama pengagntinya, Isran tak mau ikut campur. Dalam ‘perpisahan’ dengan wartawan di Samarinda, Kamis 28 September 2023, ia menyerahkan urusan itu ke presiden.

“Itu kewenangan presiden. Saya nggak ikut campur,” kata Isran Noor. 

Namun saat peresmian 12 proyek Pemerintah Provinsi Kaltim di RSUD Aji Muhàmmad Salehuddin II, Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Selasa (26/9/2023), Isran sempat menyisipkan harapan kepada penerusnya.

BACA JUGA:

Isran menegaskan dirinya masih melihat banyak bangunan terbengkalai bahkan belum dikerjakan, padahal sudah masuk dalam program kepemimpinan kepala daerah sebelumnya.

Seperti gedung-gedung perkuliahan di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. "Nah itu banyak, itu sudah lama, mangkrak, tidak berlanjut dikerjakan, tidak diselesaikan," ungkapnya.

"Maka kita selesaikan, karena itu sudah investasi pemerintah," tambahnya.

Gedung mangkrak dengan biaya besar, padahal sudah diinvestasi pemerintah daerah, tapi terganjal aturan pemerintah pusat.

"Mangkrak dia," tegasnya.

"Tapi kita lanjutkan, Sebab kalau itu tidak dilanjutkan, terbuang-buang investasi dan biaya negara, sia-sia duit rakyat," kata Isran dilansir Biro Administrasi Pimpinan Provinsi.

BACA JUGA:

Selain itu, masih ada bangunan rumah ibadah (masjid dan gereja) yang juga tidak selesai warisan kepala daerah sebelumnya. "Akibatnya tidak berguna, kita rugi kalau dibiarkan," ujar mantan Bupati Kutai Timur itu.

Saat ini diakuinya, ada beberapa bangunan sedang dalam pengerjaan, bahkan memasuki penyelesaian. "Ada pembangunan Jembatan Nibung di Kutai Timur. Target kita selesai 2024," sebutnya.

Juga ada bangunan instansi vertikal seperti gedung auditorium RRI Samarinda. "Nah itu sudah lama, termasuk rumah-rumah ibadah, yang sekarang ini dalam proses pengerjaan," bebernya.

"Masih banyak lagi kira-kira bangunan yang akan kita selesaikan, tapi sudah kita mulai dan ini tidak boleh berhenti," imbuhnya. Masih ada bangunan belum dikerjakan maupun tidak selesai, karena melihat mana sisi keadilan dan pemerataannya pada semua pihak.

BACA JUGA:

"Ada yang belum disetujui, ada yang setengah disetujui," candanya, seraya meyakinkan proyek-proyek lama sisa peninggalan program kepala daerah terdahulu akan diselesaikannya, bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

"Kami tidak janji. Kami tidak mau janji. Tapi lihat dan rasakan aja," kata Isran.

"Jadi kalau ada orang ngomong Isran Hadi tu kedada membangun sesuatu yang besar atau monumental, bujur jua klo," ucapnya dengan nada setengah bertanya. ***