Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik tinjau kesiapan Stadion Utama Batakan sambut gubernur dari seluruh Indonesia.
Kabar Ibu Kota

Pj Gubernur Kaltim Tinjau Kesiapan Stadion Batakan untuk Sambut Kepala Daerah se-Indonesia

  • 38 gubernur, 416 bupati, dan 98 wali kota dari seluruh Indonesia akan tiba di Balikpapan hari ini.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, melakukan peninjauan langsung ke Stadion Batakan Balikpapan pada Ahad (11/8/2024) untuk memastikan kesiapan fasilitas stadion yang akan menjadi titik kumpul para kepala daerah se-Indonesia sebelum menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Stadion Batakan dipilih sebagai lokasi utama untuk menyambut dan mengumpulkan para gubernur, bupati, dan wali kota dari seluruh Indonesia. 

Akmal Malik, dalam tinjauannya, memberikan perhatian khusus pada kondisi toilet yang dianggapnya sebagai fasilitas krusial dalam menyambut tamu-tamu kehormatan dari seluruh negeri.

"Ini hal kecil, tapi sangat penting. Sebab menyangkut hajat orang banyak," ujar Akmal Malik usai meninjau Stadion Batakan. 

Dia menekankan bahwa kebersihan dan ketersediaan toilet harus benar-benar diperhatikan oleh panitia yang bertanggung jawab. 

Fasilitas yang layak dan bersih, menurutnya, adalah salah satu faktor utama yang akan memastikan kenyamanan para tamu saat berada di stadion.

Selain toilet, Akmal Malik juga memeriksa ruang tunggu yang akan digunakan oleh para kepala daerah. Ia meminta agar ruangan tersebut tetap dalam kondisi rapi, sejuk, dan bersih. 

Selain itu, ketersediaan konsumsi bagi para kepala daerah juga harus dipastikan mencukupi. "Ruangan usahakan tetap sejuk dan bersih, juga konsumsi tolong diperhatikan jangan sampai kurang," tegasnya.

Menurut rencana, para gubernur akan diberangkatkan menuju IKN menggunakan satu bus pada Senin (12/8/2024) pukul 15.00 Wita dan akan menginap di Swissotel Nusantara di IKN. 

Sementara itu, para bupati dan wali kota akan berangkat pada Selasa pagi (13/8/2024) pukul 06.00 Wita dengan titik kumpul di Stadion Batakan. Mereka akan diangkut dengan 13 bus yang berkapasitas 40 kursi.

Di IKN, para kepala daerah akan mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Garuda. 

Rapat ini juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

"Kaltim sebagai tuan rumah kedatangan dan kepulangan para kepala daerah harus siap melayani tamunya dengan menyediakan fasilitas yang layak dan memadai," ungkap Akmal Malik.

Rapat koordinasi tersebut akan mengundang 38 gubernur, 416 bupati, dan 98 wali kota dari seluruh Indonesia. 

Hal ini menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan keberhasilan agenda nasional terkait pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara. ***