Taufik Qul Rahman
Politik

PKB Protes Penunjukan Politisi NasDem di Panlih Wawali

  • IBUKOTAKINI.COM – Panlih DPRD Balikpapan bertugas memproses rencana penggantian wakil wali kota Balikpapan yang kosong selama dua tahun lebih.
Politik
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Balikpapan, Taufik Qul Rahman memprotes keputusan Ketua DPRD, Abdulloh menunjuk politisi NasDem sebagai anggota  Panitia Pemilih (Panlih) Wakil Walikota Balikpapan. 

Taufik beralasan, NasDem bukan menjadi bagian dari partai politik pengusung pasangan Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2021. 

“Panlih ini memang wajib, tapi tahu-tahu dirilah. Masa bukan partai pengusung ditunjuk sebagai wakilnya,” kata Taufiq Qul Rahman, Selasa (25/7/2023). 

Penetapan anggota Panlih Wawali dibentuk melalui rapat pembentukan di Ruang Paripurna DPRD Balikpapan, Senin 24 Juli 2023. 

Namun di tengah rapat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan walk out. Fraksi Gabungan Nasdem dan PKB itu meninggalkan ruang sidang karena merasa tak pernah dilibatkan, dan ujug-ujug dilakukan penunjukan. 

BACA JUGA:

Taufiq mengatakan tak pernah dilibatkan dalam rapat di internal Fraksi Gabungan Nasdem-PKB. Padahal PKB adalah partai pengusung Rahmad Mas’ud-Tohari Aziz dalam Pilkada serentak Desember 2020 lalu. 

Berbeda dengan NasDem bukan pengusung dan tidak terlibat memenangkan wali kota terpilih saat ini. Menurut Taufik, PKB dna NasDem memang satu fraksi di dewan sebagai syarat dalam pembentukan alat kelengkapan. Namun ia kecewa tidak dilibatkan dalam pembentukan Panlih. 

“Tidak mungkin lengkap tanpa ada PKB, tidak jadi satu fraksi. Tidak pernah ada dibawa rapat, tidak pernah ada notulen rapat. Langsung tiba-tiba menunjuk di internal kami,” ujarnya. 

Taufiq mengingatkan, fraksi tidak boleh semena-mena. Harus ada rapat untuk mewakili Fraksi Gabungan tersebut. Ia menyindir Puryadi yang dianggap takt ahu diri. 

BACA JUGA:

“Tahu-tahu dirilah, masa bukan partai pengusung ditunjuk mewakili. PKB partai pengusung lho NasDem kan enggak. Sebenarnya bukan masalah kalau mau mewakili dari NasDem, tapi hasil notulen rapat dong, hasil kesepakatan ndak ada,” tandasnya.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, mengaku tak tahu menahu masalah apa yang terjadi di internal Fraksi Gabungan Nasdem-PKB. 

“Saya sekali lagi tidak tahu masalah internal fraksi gabungan Nasdem dan PKB. Kami tidak ikut campur. Yang pasti rapat berjalan mulus, semua fraksi menghadiri rapat,” ungkap Abdulloh. 

Panlih Wawali Kota Balikpapan dipimpin Abdulloh dengan Sekretaris Subari. Sedangkan anggota Panlih adalah delegasi fraksi di dewan. Yakni, Fraksi Golkar-Hanura diwakili politisi Golkar Andi Arif Agung. 

Fraksi PDIP diwakili Wiranata Oey, Fraksi Gerindra diwakili Muhammad Taqwa, Fraksi PKS Laisa Hamisah, Fraksi Demokrat Mieke Henny, Fraksi PPP Ardiansyah, dan Fraksi Nasdem-PKB, Puryadi.  ***