Ketersediaan listrik hijau untuk perayaan ini didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang sudah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt
Kabar Ibu Kota

PLN Hadirkan 100 Persen Listrik Hijau pada HUT RI ke-79 di IKN

  • Ketersediaan listrik hijau untuk perayaan ini didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang sudah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – PT PLN (Persero) menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota hijau dan berkelanjutan.

Persahaan energi itu bakal menghadirkan listrik dari 100 persen energi hijau pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79. 

Upacara tersebut akan dilaksanakan di IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024, besok.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN siap memberikan suplai listrik yang andal sepenuhnya dari energi hijau untuk kelancaran peringatan HUT RI. 

“PLN siap all-out dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk mendukung IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan,” ungkap Darmawan.

Ketersediaan listrik hijau untuk perayaan ini didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang sudah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW), jauh di atas proyeksi kebutuhan listrik untuk upacara yang hanya sekitar 1,5 MW. 

Kapasitas ini direncanakan akan terus ditingkatkan hingga mencapai 50 MW pada akhir tahun 2024, sebagai bagian dari upaya PLN dalam mendorong transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

Untuk mendukung keandalan listrik di IKN, PLN juga telah menyelesaikan pembangunan gardu induk berteknologi canggih Gas Insulated Switchgear_(GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2x60 Mega Volt Amphere (MVA). 

Serta pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr). Ini tidak hanya untuk kebutuhan jangka pendek, tetapi juga memastikan kelistrikan di IKN siap memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Darmawan menambahkan, PLN juga telah membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms), didukung dengan Gardu Hubung dan Gardu Distribusi, yang menjadi bagian dari upaya memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Dengan persiapan yang matang, kami memastikan bahwa pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di IKN akan berjalan aman tanpa kendala, berkat sistem kelistrikan berlapis yang telah kami siapkan," ujar Darmawan.

Kehadiran listrik hijau pada momen bersejarah ini menjadi simbol dari visi masa depan Indonesia yang lebih ramah lingkungan, sejalan dengan konsep IKN yang green, smart & beautiful. PLN berkomitmen untuk terus mendukung keberlanjutan dan transformasi kelistrikan di IKN serta seluruh wilayah Indonesia. ***