Pemkot Balikpapan bersama DPRD Balikpapan Sosialisasi Pengusulan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Tahun 2025, melalui SIPD dan Ekspose Rancangan Awal RKPD Kota Balikpapan Tahun 2025, di Ballroom Hotel Tjatra Balikpapan, pada hari Senin (22/1/2024)
Kabar Ibu Kota

Pokir Punya Peran Strategis Penyusunan Rencana Kerja Pemkot Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengikuti Sosialisasi Pen
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengikuti Sosialisasi Pengusulan Pokok-Pokok Pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tahun 2025, melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dan Ekspose Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Balikpapan Tahun 2025, di Ballroom Hotel Tjatra Balikpapan, pada hari Senin 22 Desember 2024. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan, Murni saat memberikan sambutan menyampaikan bahwasanya pokok-pokok pikiran (Pokir) merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota dewan agar diperjuangkan dalam pembahasan RAPBD.

"Pokir mempunyai peran yang sangat strategis dalam penyusunan rancangan rencana kerja pemerintah daerah Kota Balikpapan," jelasnya saat membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud.

Sejalan dengan itu, ia meminta agar para pimpinan OPD hendaknya memberikan perhatian kepada pokok pokok pikiran DPRD, yang nantinya akan diverifikasi dan dievaluasi oleh masing-masing OPD, sesuai dengan fungsi masing-masing.

BACA JUGA:

"Diharapkan terjalin koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam penyusunan RKPD Kota Balikpapan tahun 2025," terangnya.

Dalam rangka mengentaskan berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat, perangkat daerah terkait dapat mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat dan terencana dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap.

Pada kesempatan ini juga, ekspos rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah kota Balikpapan tahun 2025, yang mana tema pembangunan tahun 2025 adalah pengembangan seluruh sektor untuk pemantapan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

"Adapun tema tersebut diprioritaskan untuk mendukung pencapaian misi kelima RPJMD Kota Balikpapan 2021-2026 yaitu untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif," pungkasnya. (***)