Polda Kaltim Kerahkan 1.786 personil Operasi Ketupat Mahakam
Kabar Ibu Kota

Polda Kaltim Kerahkan 1.786 personil Operasi Ketupat Mahakam

  • IBUKOTAKINI.COM – Siap mengamankan lebaran dan arus mudik Idul Fitri 2022, Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur didukung TNI mengerahkan ribuan personil.O
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Siap mengamankan lebaran dan arus mudik Idul Fitri 2022, Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur didukung TNI mengerahkan ribuan personil.

Operasi Ketupat Mahakam ini melibatkan 1.786 personil yang akan digelar pada 28 April hingga 9 Mei 2022 di seluruh wilayah Kaltim.

Kapolda Kaltim Irjen Polisi Imam Sugianto mengungkapkan bahwa sesuai intruksi dari pusat di luar rentang minggu operasi yang digelar 12 hari ini Polda meningkatkan kegiatan kepolisian. 

"Seharusnya sudah digelar sejak 14 April lalu dan berakhir beberapa hari berikutnya setelah operasi dilaksanakan pada 9 Mei nanti,” ungkap Irjen Polisi Imam Sugianto saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 di Ballroom Hotel Senyiur Samarinda, Selasa 19 April 2022.

Bahkan instruksi Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik diimbau untuk mendahului atau tidak menunggu titik puncak arus mudik ketika mendekati waktu lebaran.

"Jadi bagi pemudik yang tidak memiliki pekerjaan urgensi, masyarakat swasta atau pekerja freelance, hendaknya mendahului," jelasnya yang dikutip akun resmi Pemprov Kaltim.

Tahun ini ungkapnya, diprediksi arus mudik sangat masif. Di mana, hasil survey Kementerian Perhubungan akan ada 80 juta orang melakukan perpindahan (arus mudik), termasuk ada lebih 62 persen pergerakan mobil dari arah barat ke timur, khususnya Sumatera, Jawa dan Bali.

"Alhamdulillah, kita di Kaltim ini insyaallah akan terkelola dengan baik. Sebab, disini tidak terlalu signifikan meski setiap tahun ada saja mudik ke Jawa dan Sulawesi maupun sebaliknya," ungkap Kapolda.

Guna memudahkan dan memperlancar arus mudik, terutama pelaku mudik, Kapolda, berharap agar memenuhi cakupan vaksinasi, baik vaksinasi booster, sedangkan vaksinasi pertama harus dilengkapi hasil PCR dan vaksinasi kedua dilengkapi keterangan antigen.

"Ini terus kita kebut capaiannya di kabupaten dan kota se Kaltim sesuai target pemerintah. Terlebih booster bisa kita capai 70 persen di Juli nanti," sebutnya.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam akan melibatkan 1.786 personil gabungan disebarkan pada 51 pos pengamanan, 18 pos pelayanan dan 18 pos terpadu.

Adapun menjadi obyek pokok pengamanan lokasi yakni masjid-masjid, terminal dan pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, objek wisata dan rekreasi, termasuk pengamanan jalur utama mobilitas masyarakat, sarana dan prasarana umum potensi menimbulkan kemacetan, seperti titik rawan banjir, SPBU, pasar serta jalan/jembatan yang mengalami kerusakan.

"Kita ingin tercapainya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah Ramadan lainnya, hingga ibadah Idul Fitri dan arus mudik,” pungkasnya.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 dibuka resmi Gubernur Kaltim H Isran Noor didampingi Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. 
.