Rekayasa ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang dari Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, dan luar daerah. Petugas mengalihkan arus kendaraan dari arah Balikpapan Kota dan Selatan menuju Tol Manggar
Tren

Polda Kaltim Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Cegah Kemacetan Menuju Pantai Manggar

  • Rekayasa arus lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang dari Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, dan luar daerah
Tren
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

 BALIKPAPAN - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di kawasan wisata Pantai Manggar Segara Sari dan Pantai Lamaru, Balikpapan Timur, selama libur Idul Fitri 1445 H.

Rekayasa ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang dari Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, dan luar daerah. Petugas mengalihkan arus kendaraan dari arah Balikpapan Kota dan Selatan menuju Tol Manggar.

Pengendara kemudian diharuskan memutar balik di depan gerbang tol yang berjarak sekitar 1 kilometer. Petugas kepolisian disiagakan di lokasi untuk mengatur lalu lintas dan memasang rambu-rambu serta marka jalan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim, Kombes Pol Rifky, menjelaskan bahwa rekayasa ini dilakukan untuk mencegah kemacetan di sekitar objek wisata.

Meskipun terpantau ramai, arus lalu lintas masih terkendali. Sedikit kemacetan terjadi di ruas jalan setelah gerbang tol Manggar dan pintu masuk Pantai Manggar.

BACA JUGA:

Petugas juga disiagakan di depan pintu masuk pantai untuk mengurai kemacetan. Median jalan sementara dipasang di depan pintu masuk Pantai Manggar, sehingga pengendara yang menuju pantai harus memutar terlebih dahulu dengan jarak sekitar 100 meter.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, Ratih Kusuma, mengungkapkan bahwa pihaknya memberlakukan satu jalur untuk kendaraan yang masuk dan keluar pantai. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan.

"Kami menyediakan enam kantung parkir untuk menampung seluruh kendaraan di area Pantai Manggar," ujar Ratih.

Upaya rekayasa lalu lintas dan pengaturan parkir ini diharapkan dapat membantu kelancaran arus kendaraan dan kenyamanan pengunjung di objek wisata Pantai Manggar dan Pantai Lamaru selama libur Lebaran. ***