Polresta Balikpapan Intensifkan Pengamanan Gudang Logistik
Politik

Polresta Balikpapan Intensifkan Pengamanan Gudang Logistik

  • BALIKPAPAN - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polresta Balikpapan menginten
Politik
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polresta Balikpapan mengintensifkan pengamanan gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu, 28 Januari 2024. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka operasi terpusat “Mantap Brata Mahakam 2024” yang bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilu di Kota Balikpapan.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto, memastikan gudang logistik Pemilu dan kantor KPU Kota Balikpapan telah memenuhi standar keamanan dan kelayakan.

“Selain memeriksa kondisi gudang Logistik kami juga mengecek keberadaan dan kondisi kotak suara, surat suara, formulir C1, serta peralatan dan perlengkapan lainnya yang akan digunakan dalam pemilu” ucap Anton Firmanto dalam keterangan resmi.

“Selain itu, pengecekan ini juga merupakan bentuk komitmen Polresta Balikpapan dalam mendukung pelaksanaan pemilu yang adil dan demokratis. Dengan memastikan ketersediaan dan keamanan logistik Pemilu, diharapkan proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat mencerminkan kehendak rakyat Kota Balikpapan,” ucap Anton.

BACA JUGA:

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Polri memastikan kesiapan personelnya mengamankan distribusi logistik Pemilu 2024 akan berjalan lancar. 

Upaya tersebut dilakukan bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Sejak KPU melakukan distribusi sudah melekat personel Polri untuk melakukan pengamanan. Penyelenggaraan distribusi tetap dari KPU dan diawasi oleh Bawaslu sampai dengan saat ini," kata Wisnu Andiko. 

Pengamanan distribusi logistik tersebut, tambahnya, mulai dari pelipatan surat suara hingga distribusinya, menjadi salah satu sasaran kegiatan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang dilaksanakan Polri selama 222 hari terhitung sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024. (*)