PPU Galakkan Gemarikan: Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting
Penajam

PPU Galakkan Gemarikan: Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting

  • Program Gemarikan ini disosialisasikan kepada anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) untuk menanamkan kebiasaan makan ikan sejak dini.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di halaman Komplek Islamic Center Kelurahan Nipah-nipah Kecamatan Penajam, pada Rabu 8 Mei 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat, khususnya di PPU, untuk gemar makan ikan sebagai sumber protein hewani yang penting untuk kesehatan, terutama bagi anak-anak dalam pencegahan stunting.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan DKP Kaltim, Irma Listiawati, mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya percepatan penurunan angka stunting di Kaltim.

“Ikan, dengan kandungan protein dan zat gizinya yang tinggi, sangat penting untuk dikonsumsi oleh semua orang, terutama anak-anak. Konsumsi ikan secara teratur dapat membantu meningkatkan kecerdasan, daya tahan tubuh, dan mencegah stunting,” ungkapnya.

Menurutnya, PPU memiliki potensi besar dalam pengembangan perikanan, baik dari segi perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

“Perlu dilakukan pengembangan dan pemanfaatan potensi ini secara optimal untuk meningkatkan produksi dan konsumsi ikan di Masyarakat,” tutur Irma.

BACA JUGA:

Ketua TP PKK PPU, Linda Romauli Siregar Marbun, menekankan peran penting ibu-ibu dalam mengedukasi anak-anak tentang pentingnya makan ikan.

"Peran ibu-ibu juga sangat penting dan dominan bagaimana cara anak-anak itu bisa makan ikan," ujar Linda.

Ia juga mendorong agar program Gemarikan ini disosialisasikan kepada anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) untuk menanamkan kebiasaan makan ikan sejak dini.

"Ke depan kita tetap tercipta sinergitas yang senantiasa berkelanjutan antar dinas perikanan PPU dengan tim penggerak PKK, untuk menggerakan masyarakat terkait program-program yang baik dari semua OPD dan kami juga akan bekerjasama dengan dasawisma sehingga tujuan kita dalam percepatan penanggulangan stunting dan gizi buruk masyarakat dapat tercapai melalui program kegiatan yang strategis," jelas Linda.

Kepala Dinas Perikanan PPU, Rozihan Asward, menyampaikan bahwa kegiatan Gemarikan ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

"Informasi ini harus disebarluaskan agar masyarakat tahu kandungan gizi, manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan terutama pada anak usia dini," ujarnya Rozihan. (ADV/DISKOMINFO-PPU*)