PPU Luncurkan Logo City Branding ‘Serambi Nusantara’
Kabar Ibu Kota

PPU Luncurkan Logo City Branding ‘Serambi Nusantara’

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) logo city branding PPU ‘Serambi Nusantara’ pada Sabtu malam, 26 Agustus 2023. Peluncuran dilakukan langsung Bupati PPU Hamdam yang dirangkai dalam Gebyar Pesta Rakyat Penajam Paser Utara Serambi Nusantara di halaman Stadion Panglima Sentik PPU.
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

PENAJAM, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) logo city branding PPU ‘Serambi Nusantara’ pada Sabtu malam, 26 Agustus 2023. Peluncuran dilakukan langsung Bupati PPU Hamdam yang dirangkai dalam Gebyar Pesta Rakyat Penajam Paser Utara Serambi Nusantara di halaman Stadion Panglima Sentik PPU. 

PPU sebagai Serambi Nusantara dilatarbelakangi oleh wilayah geografis PPU yang menjadi pintu awal atau penghubung utama menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. PPU yang sebagian wilayahnya berubah menjadi IKN, dengan adanya filosofi sebagai Serambi Nusantara diharapkan mendapat perkembangan dan kemajuan yang sama dengan IKN. Hal ini diungkapkan Bupati PPU Hamdam saat pagelaran acara tersebut.

"Serambi ini adalah merupakan suatu cita-cita besar. Saya ingin mengajak kita semua untuk bercita-cita bagaimana nanti ke depan Penajam Paser Utara ini setelah Ibu Kota Negara akan pindah di Penajam Paser Utara. Kita tidak mau sekedar menjadi mitra saja tapi kita pingin lebih dari itu, apalagi cuma jadi penyangga Ibu Kota Negara. Kita pingin jadi serambinya," ucapnya.

Ia menyebut sisa wilayah PPU akan tetap menjadi kabupaten dan berada dalam wilayah Provinsi Kaltim. Oleh karenanya, agar tidak tertinggal dengan pembangunan IKN ke depan, PPU harus memiliki cita-cita besar yang kemudian dituangkan menjadi Serambi Nusantara.

"Di dalamnya tentu termuat cita-cita, keinginan besar untuk bagaimana menjadikan Penajam ini juga seperti dengan Ibu Kota yang nanti akan dibangun dengan segala kecanggihan teknologi, segala kemodernan. Tidak mungkin Penajam ini akan tetap menjadi seperti ini. Maka kita perlu cita-cita yaitu menjadikan Penajam ini Serambi Nusantara," jelasnya.

City Branding PPU yakni Serambi Nusantara merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Beberapa pilihan logo yang dihasilkan kemudian dipilih oleh masyarakat PPU melalui 10.000 kupon yang telah disebarkan Pemkab PPU. 

Selain dapat memilih langsung, melalui kupon tersebut masyarakat mendapat kesempatan memenangkan hadiah undian yang diumumkan pada peluncuran logo city branding. Hadiah yang diperoleh berupa sepeda gunung dan sepeda listrik.

Gebyar Pesta Rakyat Penajam Paser Utara Serambi Nusantara diselenggarakan secara gratis bagi masyarakat dan melibatkan ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah PPU. Acara ini didukung oleh Bankaltimtara sebagai sponsor utama.

Acara ini dipadati oleh ribuan masyarakat PPU dan sekitarnya serta dimeriahkan oleh band Armada, Cakra Adanu, Plat Merah, dan Pena Dansa. (*)