Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko, pada Senin (9/8/2021)
Kabar Ibu Kota

Presiden Joko Widodo Resmikan Sistem OSS Berbasis Risiko

  • IBUKOTAKINI.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko. OSS ini merupakan sistem pelayanan perizinan
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko. OSS ini merupakan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. 

Peluncuran sistem OSS berbasis risiko ini diyakini akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik. OSS berbasis risiko ini merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Dimana layanan perizinan dilakukan secara online dan terintegrasi dengan paradigm berbasis risiko. 

Peresmian juga dihadiri sejumlah kepala daerah secara virtual. Gubernur Kalimantan Timur juga menghadiri secara virtual bersama Bupati/Wali Kota serta Kepala DPMPTSP, pada Senin (9/8/2021). 

Gubernur Kaltim Isran Noor ketika menghadiri melalui ruangan HoB Kantor Gubernur Kaltim meminta agar aplikasi OSS memudahkan sistem perizinan, sehingga meningkatkan investasi di daerah.

"Semoga memacu daerah meningkatkan investasi, sehingga pendapatan daerah juga meningkat," sebut Isran Noor yang didampingi Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Kadis Kehutanan H Amrullah dan Kepala DPMPTSP Kaltim H Puguh Harjanto.

Perizinan usaha menurut Isran, tidak semua ada di daerah. Misalnya, izin pertambangan dilakukan oleh pusat.

Sedangkan sektor pertambangan merupakan usaha yang sangat berkontribusi terhadap pendapatan daerah. "Jadi, tak semua izin ada di daerah. Jika, daerah diberikan kesempatan untuk mengawasi, tentu akan mudah pengelolaan investasinya," jelasnya.

Hadir Menteri Investasi BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.