Presiden Jokowi menekan tombol sirene, menandai tahap awal pembangunan Arena Botanika di Ibu Kota Nusantara.
Kabar Ibu Kota

Presiden Jokowi Resmikan Arena Botanika, Ada Resto Favoritnya

  • Presiden minta pembangunan restoran Arena Botanika dipercepat
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Arena Botanika, sebuah kawasan terpadu yang menyuguhkan kompleks kuliner dan hangout di depan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Kawasan ini dibangun oleh PT Arena Graha Andalan, sebuah grup usaha  asal Jakarta yang dikenal dengan berbagai restoran mewahnya. Mengusung konsep Premiere Social Compound, Arena Botanika berdiri di lahan seluas 8,400 m2. 

Arena Botanika menawarkan pengalaman kuliner di tengah suasana nan asri. Di sini, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman sambil bersosialisasi. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pembangunan fasilitas pendukung di IKN yang bertujuan untuk menunjang kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi masyarakat.

“Kegiatan di Ibu Kota Nusantara ini meningkat sangat pesatnya, pesat sekali. Kita membutuhkan akomodasi, membutuhkan transportasi, membutuhkan transportasi, membutuhkan fasilitas-fasilitas lainnya.” ujar Jokowi didampingi sejumlah menteri.

Pada kesempatan itu, Presiden meminta pembangunan restoran di Arena Botanika bisa dipercepat untuk penyelesaiannya.

"Target rampungnya itu di semester pertama, itu perlu dipercepat," kata Presiden dalam peletakan batu pertama Arena Botanika, Rabu (5/6/2024).

Menurut Jokowi, keberadaan Arena Botanika melengkapi fasilitas di IKN, "sehingga tidak perlu repot cari kuliner," jelasnya.

Sambil berseloroh, Jokowi mengungkapkan, bila ia membawa rombongan sebanyak 200 hingga 300 orang tidak ada tempat di Kota Nusantara tepatnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) untuk makan.

"Problem beda, di sini makan siang makan malam harus bawa chef dari jakarta. Pagi tadi gak makan dan siang nanti gak tau makan dimana gak jelas," kata Jokowi disambut senyum.

Oleh sebab itu, Jokowi mengaku sangat menghargai adanya restoran Arena Botonika di Kota Nusantara.

"Kami harap, peletakan batu pertama ini bisa menjadi pemicu agar menteri mau pindah ke sini," harap Jokowi yang dikenal menyukai masakan Nusantara yang disajikan Restoran Seribu Rasa. 

Di sisi lain, Jokowi juga memuji konsep yang diusung untuk pembangunan restoran tersebut, dimana telah menyesuaikan tata kelola lingkungan dan pembangunan di IKN.

Kemudian memiliki pencahayaan yang alami dan konsep pembangunan memaksimalkan air tanaman dan kayu dan bebatuan.

Berada di zona kementerian, nampak jelas sayap kiri Garuda Istana Kepresidenan dari restoran tersebut. Selain itu, konsep pembangunan juga akan mengembalikan pohon ekaliptus.

Direktur utama PT Arena Graha Andalan, Wiyanto Alamsyah mengatakan restoran ini memiliki konsep modern Nusantara yang diselaraskan dengan alam sekitar

"Kemudian harganya juga terjangkau buat masyarakat di Indonesia
Kami harap ini bisa mendukung visi misi pemerintah di ikn 
Kami yakin ikn akan tumbuh pesat dan dapat memacu pemerataan pembangunan di Indonesia. 

Wiyanto Alamsyah menambahkan, Arena Graha Andalan memiliki visi menghadirkan pengalaman kuliner yang mengutamakan kualitas makanan dan pelayanan dengan harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat Indonesia. 

"Selama lebih dari dua dekade, kami telah berkembang menjadi salah satu operator restoran terkemuka di Tanah Air, dengan berbagai merek yang kami kembangkan sendiri ataupun franchise dari mancanegara,” imbuhnya. 

Arena Botanika Ibu Kota Nusantara memiliki area indoor-outdoor dengan nuansa alami Kalimantan. Fasilitas yang ditawarkan meliputi ruang privat, fasilitas acara lengkap, live music, layanan catering, dan meal box. 

Beirkut adalah Brand Restoran Arena Group di Ibu Kota Nusantara :

  • Seribu Rasa:

Terinspirasi pada kekayaan kuliner Indonesia dan wilayah sekitarnya, Seribu Rasa menawarkan sajian lokal dan hidangan laut lezat yang mencerminkan kekayaan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara. • 

  • Penang Bistro: 

Keunikan dari tradisi kuliner kawasan Selat Malaka, yang merupakan hasil pembauran budaya antara Melayu, India, dan Tionghoa, menjadi sumber inspirasi bagi menu Penang Bistro. 

  • Greyhound Café:

Bukan sekedar restoran Thailand biasa, konsep menunya adalah tentang mengadopsi dan mengadaptasi, mencampur dan mencocokkan untuk menghasilkan hidangan Thailand dengan sentuhan kreatifitas. 

  • Maison Tatsuya:

Menawarkan konsep hidangan teppanyaki berkualitas premium dalam suasana makan santai ala Jepang, disertai atraksi Chef saat memasak, menggabungkan seni makan dan hiburan. ***