Presiden Jokowi dalam pembukaan Muktamar Muhammadiyah 2023 di Dome Balikpapan, Rabu (22/2/2023)
Kabar Ibu Kota

Presiden Jokowi Sebut Alasan Utama Pembangunan IKN Adalah Pemerataan

  • IBUKOTAKINI.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Pembukaan Muktamar ke-XVIII Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah yang bertempat di Balikpapan Spo
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

IBUKOTAKINI.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Pembukaan Muktamar ke-XVIII Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah yang bertempat di Balikpapan Sport and Convention Center Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (22/2/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut mengungkapkan sejumlah alasan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, alasan utama dibangunnya IKN di Kalimantan Timur adalah pemerataan, baik dari sisi ekonomi, penduduk, maupun pembangunan.

“Semuanya ada di Jawa, 58 persen (PDB ekonomi), dan 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa. Betapa sangat padatnya Pulau Jawa sehingga memerlukan yang namanya pemerataan pembangunan tidak Jawasentris tapi Indonesiasentris,” ujarnya.

Jokowi juga menegaskan, agenda pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN ini bukan lah gagasan dirinya secara pribadi. Presiden Pertama RI, Soekarno bahkan telah menggagas pemindahan ibu kota sejak tahun 1960 yang lalu.

“Ini sudah sejak Bung Karno tahun 60, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota Jakarta itu ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menekankan, pemindahan ibu kota yang akan dilakukan bukan hanya sekedar pemindahan fisik terkait bangunan atau gedung-gedung pemerintahan.

Melainkan, pemindahan budaya kerja dan pola pikir baru disertai dengan sistem dan sumber daya manusia yang dipersiapkan dengan baik.

“Sehingga, kita harapkan nanti ibu kota baru ini betul-betul sebuah Ibukota yang negara lain tidak memiliki,” tuturnya.

Ia pun meyakini, proyek IKN akan rampung dalam 15 hingga 20 tahun mendatang dan IKN menjadi kota pemerintahan. Sedangkan Jakarta, meski tidak lagi menjadi ibu kota negara, Jokowi menyebut Jakarta akan tetap diperbaiki dan menjadi kota bisnis, pariwisata, hingga ekonomi.