Prioritas Bidang Kesehatan, Wali Kota Dukung Peluncuran Si Yankes dan Program YKI Cabang Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Prioritas Bidang Kesehatan, Wali Kota Dukung Peluncuran Si Yankes dan Program YKI Cabang Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Pembangunan Kesehatan Kota Balikpapan diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif. Di samping peningkatan akses pelayanan kesehat
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pembangunan Kesehatan Kota Balikpapan diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif. Di samping peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud S.E., M.E., dalam acara Pengukuhan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Balikpapan Masa Bakti 2023-2028 dan peluncuran Sistem Layanan Kesehatan (Si Yankes) oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Balaikota Balikpapan ini dihadiri para tenaga medis dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty serta Ketua Koordinator YKI Provinsi Kaltim Encik Widyani Sjaraddin.

Wali kota mengatakan dalam pembangunan kesehatan berbagai upaya dilakukan termasuk dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Hal ini meliputi upaya pencegahan penyakit menular ataupun tidak menular. Dengan cara memperbaiki kesehatan lingkungan, gizi, perilaku dan kewaspadaan dini.

"Upaya itu tentunya membutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai kelompok masyarakat agar penanganan kesehatan terlaksana secara holistik," ungkapnya.

BACA JUGA:

Ia pun mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus YKI Cabang Balikpapan. "Semoga terus meningkatkan sinergi dalam upaya pencegahan penyakit kanker," ucap beliau.

Apresiasi juga diberikan untuk Dinkes Balikpapan yang telah berinovasi dengan meluncurkan aplikasi Si Yankes sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Aplikasi ini sebuah terobosan karena mengintegrasikan seluruh informasi mengenai pelayanan kesehatan dari ketersediaan fasilitas layanan kesehatan rumah sakit hingga klinik hingga pemulasaran jenazah," tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Peluncuran Si Yankes dilakukan menekan layar oleh Wali Kota dan Kepala Dinkes Balikpapan.

Selain pengukuhan dan peluncuran Si Yankes. Dinkes Balikpapan juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama Si Yankes dengan PMI, Rumah Sakit Pertamina, Klinik Ibnu Sina, Yayasan Kasimo Balikpapan, Kimia Farma dan Optik Visi.

Dilanjutkan dengan penandatanganan dukungan aksi perubahan oleh Wali Kota Balikpapan.

Sementara itu, YKI Cabang Balikpapan diketuai oleh Sri Soetantinah dengan wakil ketua Dyah Muryani dan Balerina JPP. (*)