Kades Embalut, Yahya
Ekonomi

Produksi Ikan Desa Embalut Sudah Melalang Buana

  • IBUKOTAKINI.COM - Desa Embalut memiliki ratusan hektar lahan perikanan budidaya.
Ekonomi
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), merupakan salah satu wilayah budidaya perikanan. Desa ini memiliki ratusan hektar lahan perikanan yang cukup produktif.

Desa yang terhampar sepanjang Sungai Mahakam ini, sebagian besar  warga bekerja sebagai nelayan dan pembudidaya ikan.

Kepala Desa (Kades) Embalut, Yahya mengatakan, setiap tahun produksi ikan di desanya terus mengalami peningkatan. Sehingga, produksi ikan hasil Desa Embalut telah banyak dikirim ke luar daerah.

“Produksi ikan kami dikirim ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,” kata Yahya, Jumat 27 Oktober 2023. Yahya juga mengungkapkan, Desa Embalut telah banyak produksi berbagai macam jenis ikan.

BACA JUGA:

Walau dia tak mengetahui pasti berapa luasan lahan perikanan yang ada di Desa Embalut. Namun, ia memastikan ada ratusan hektar lahan perikanan di desanya.

“Kami juga mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten untuk mengembangkan sektor perikanan. Misalnya bantuan bibit, pakan, dan sarana penunjang lainnya,” ungkapnya

Yahya berharap, sektor perikanan di Desa Embalut dapat berkembang dengan baik, sehingga memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat.

“Kami ingin menjadikan Desa Embalut sebagai desa perikanan yang maju dan mandiri. Kami yakin dengan potensi yang ada, kami bisa capai,” tutupnya. (adv)