Program Akselerasi Serambi Nusantara PPU Diapresiasi Pemprov Kaltim
Penajam

Program Akselerasi Serambi Nusantara PPU Diapresiasi Pemprov Kaltim

  • Program yang dijalankan oleh Pj Bupati PPU menunjukkan langkah konkret yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Program Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Apresiasi tersebut disampaikan ketika Pj Bupati PPU audiensi dengan Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, di Rumah Jabatan, Gubernur Kaltim, Samarinda pada Selasa, 8 Oktober 2024. 

Dalam kesempatan itu, Zainal Arifin memaparkan bebebrapa programnya khususnya akselerasi bertajuk Serambi Nusantara atau Beatifikasi Coastal Road. 

Ia pun menyambut baik arahan dari Pj Gubernur Kaltim. Dan pihaknya siap melaksanakan semua pesan dan arahan yang diberikan.

“Kuncinya adalah kolaborasi multi pihak. Dengan begitu, apa yang kita bangun dapat tepat sasaran dan waktu, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” jelas Zainal.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, memberikan apresiasi terhadap program jangka pendek yang diusung oleh Pj Bupati PPU.  

BACA JUGA:

“Kami sangat mengapresiasi Pj Bupati PPU yang telah merencanakan program kerja jangka pendek. Ini langkah bagus yang patut ditiru oleh para Pj lain,” ungkap Akmal Malik usai menerima kunjungan silaturahmi.

Akmal menegaskan, meskipun masa jabatan Pj terbilang singkat, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat. 

“Walau masa kerja Pj maupun Pjs pendek, namun kita harus mampu menyampaikan apa yang sudah kita lakukan untuk daerah tersebut,” tegasnya.

Akmal menilai, program yang dijalankan oleh Pj Bupati PPU menunjukkan langkah konkret yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Program Serambi Nusantara dinilai mampu menciptakan perubahan positif di PPU.

“Waktunya memang terbatas, tapi dengan langkah cepat dan kolaborasi, kita bisa membuat perubahan. Ibarat pesawat yang hendak take off, kalau lambat tidak akan terbang. Begitu juga dengan program ini,” serunya.

Lebih lanjut, Akmal Malik menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, provinsi, hingga desa dalam merencanakan dan melaksanakan program. Menurutnya, pendekatan kolaboratif menjadi kunci keberhasilan.

“Program yang dibangun harus memiliki intensitas yang sama dengan program dari pusat, provinsi, dan desa. Perencanaan yang baik dan kolaborasi antar sektor akan memastikan pembangunan tepat sasaran,” tambahnya.

Kunjungan Pj Bupati PPU ini turut didampingi oleh sejumlah pejabat OPD Pemkab PPU, sementara Pj Gubernur Akmal Malik didampingi oleh Kepala Bappeda Kaltim Yusliando, perwakilan BPKAD Kaltim, serta Biro PPOD Setprov Kaltim. (Adv/Diskominfo PPU)