Program Jumat Bersih, Pj Bupati PPU Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Penajam

Program Jumat Bersih, Pj Bupati PPU Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Kegiatan Jumat Bersih ini dapat menjadi budaya yang mengakar di tengah masyarakat PPU, menciptakan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, mengumumkan peluncuran program Jumat Bersih, yang akan diadakan setiap pekan. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

Hal ini disampaikan Zainal saat acara Kick Off Jumat Bersih Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara dan World Clean Up Day 2024 yang digelar di Pantai Corong, Kecamatan Penajam, pada Jumat pagi 27 September 2024.

"Mudah-mudahan bersama kita bisa membangun semangat, setiap jumat kita akan melakukan bersih-bersih atau Jumat Bersih ini. Mudah-mudahan ini juga menjadi ikhtiar kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanallah Wata’ala," ujar Zainal Arifin dalam sambutannya.

Zainal mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab PPU untuk menggerakkan stafnya dalam mendukung program ini. Kebersihan dapat dimulai dari lingkungan instansi masing-masing sebelum kemudian dilanjutkan pada skala yang lebih luas di wilayah Kabupaten PPU.

"Ini semua kita harapkan akan menjadi semangat kita untuk membangun PPU. PPU membara, membangun bersama Serambi Nusantara," tambah Zainal.

BACA JUGA:

Lebih jauh, Zainal menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial, namun juga langkah nyata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Menurutnya, kebersihan tidak hanya berkaitan dengan fisik, tetapi juga mencerminkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

"Dengan menjaga kebersihan, kita juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita, keluarga, dan lingkungan sekitar," tegasnya.

Zainal berharap kegiatan Jumat Bersih ini dapat menjadi budaya yang mengakar di tengah masyarakat PPU, menciptakan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari.  

"Semoga semangat kebersihan ini dapat terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua. Mari kita jaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang lebih baik," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab PPU, Nicko Herlambang, Camat Penajam Dahlan, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (Adv/Diskominfo PPU)