Lounching Program Laris Pasar Beriman
Kabar Ibu Kota

Program Laris Pasar Beriman, Belanja Online Pasar Tradisional

  • Program Laris Pasar Beriman, Belanja Online Pasar Tradisional

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Untuk menggerakkan ekonomi pedagang di pasar tradisonal Balikpapan. Pemerintah Kota meluncurkan Program Laris Pasar Beriman, pada Sabtu, (3/10/2020).

Program tersebut untuk memudahkan proses jual beli yang biasanya dilakukan di pasar. Karena kondisi pandemi, maka dengan kemudahan tersebut maka masyarakat maupun pedagang akan terbantu.

Program tersebut bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Bank Kaltimtara dan Bank BRI. Lounching sendiri dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Kapolrestas Balikpapan Turmudi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto, Pemimpin Cabang Bank kaltimtara Balikpapan Haris Harsono dan Wakil Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Banjarmasin Ahmad Muzakky. Di Aula Pemkot Balikpapan.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan ada atau tidak adanya pandemi Covid-19, belanja online akan semakin masif berkembang. Tetapi karena semua dilakukan melalui smartphone maka kejujuran pedagang sangat penting, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas barang yang dijual haruslah yang terbaik. ?
?
“Kedepannya cara belanja masyarakat akan berubah, ada atau tidak adanya Covid masyarakat membutuhkan pasar online ini, jadi bisa berbelanja tanpa harus ke pasar, pembayarannya juga begitu,” ucap Wali Kota.
?
Kata dia, para pedagang pasar tradisional harus dilatih agar dapat beradaptasi mengikuti perkembangan digital saat ini. “Mari kita bahu membahu menciptakan pasar yang sehat, pasar yang jujur dan pasar yang nyaman untuk masyarakat. Sebagai Smart City tentunya Smart Pasar sangat perlu kita kembangkan di Kota Balikpapan,” tandasnya.
?
Dalam kesmepatan tersebut, Kepala Perwakilan BI Balikpapan Bimo Epyanto menyambut baik dan mendukung Program Laris Pasar Beriman ini. Disebutkannya, program ini akan sangat berpengaruh besar terhadap pembangunan ekonomi di Kota Balikpapan dan untuk mendukung Balikpapan sebagai Smart City.
Pemimpin Cabang Bank Kaltimtara Balikpapan Bapak Haris Harsono mengatakan dengan dilaunchingnya aplikasi retribusi pasar ini, tentunya akan memberikan kemudahan kepada para pedagang atau pelaku pasar dalam pembayaran retribusi pasar.