Program Sekolah Idaman, Disdikbud Balikpapan Bekali Kepala Sekolah
Kabar Ibu Kota

Program Sekolah Idaman, Disdikbud Balikpapan Bekali Kepala Sekolah

  • BALIKPAPAN – Tingkatkan kapasitas Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Lembaga
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Tingkatkan kapasitas Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda mengadakan Pelatihan Sekolah Idaman Tahun 2023.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Balikpapan, Emmy Mulyani mengatakan maksud dari Sekolah Idaman untuk memberikan pelatihan kepemimpinan Kepala Sekolah baik ditingkat SD maupun SMP yang baru saja dilantik menjadi Kepala Sekolah maupun yang sudah menjabat.

Sekolah Idaman ini Kepala sekolah diberikan materi dan diarahkan untuk membuat inovasi dalam melakukan penyelesaian yang terjadi dilingkungan sekolah masing-masing. 

Seperti halnya sekolah yang tidak mempunyai sambungan air bersih, padahal sumber air dekat dengan sekolah itu tetapi sekolah belum bisa memanfaatkan air bersih itu. Padahal air bersih ini sangat dibutuhkan peserta didik di sekolah. 

"Bagaimana kepala sekolah dapat menyelesaikan permasalahan itu, inovasi penyelesaian apa yang dilakukan," ujarnya kepada media, Kamis 2 November 2023.

Permasalahan lain misalnya sekolah yang mempunyai peserta didik yang tidak disiplin, sehingga kepala sekolah harus mempunyai inovasi untuk menyelesaikan persoalan itu. 

"Bagaimana kepala sekolah untuk menyelesaikan persoalan ini, kalau belum tercapai, mereka akan terus menggali inovasi itu," terangnya.

BACA JUGA:

Emmy mengatakan kegiatan ini sudah berlangsung selama dua hari yang lalu dan  hari ini adalah hari ketiga kepala sekolah mengikuti pelatihan. 

"Sekolah idaman ini menjadi sekolah yang ideal untuk pembelajaran, bagaimana kerja sama dengan komite dan siswa," terangnya.

Sebenarnya program ini salah satu program Disdikbud Balikpapan ditahun 2024 mendatang. Disdikbud Kota Balikpapan akan dilanjutkan ditahun 2024.

"Kita akan memacu Kepala Sekolah untuk membuat inovasi untuk menyelesaikan masalah dilingkungannya sendiri. Mereka bisa menggali apa sih permasalahannya, kemudian mereka diajarkan untuk membuat prioritas mana yang harus diselesaikan dulu terus bagaimana menyelesaikan masalahnya," paparnya.

Permasalahan itu diselesaikan tidak hanya oleh Kepala Sekolah sendiri tetapi dikerjakan secara tim untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan masing-masing.

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang inovatif; berkarakter baik; berintegritas sehingga bisa diimplementasikan baik dari sisi akademik maupun dari sisi penyelenggaraan pendidikan. Program ini sangat bagus sekali," terangnya.

Pelatihan sekolah idaman ini, satu kelas terdiri dari 25 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SD dan SMP di Kota Balikpapan. Para penguji dan narasumber dari LAN. 

"Mereka dipacu untuk membuat inovasi untuk menyelesaikan masalah di sekolahnya," ujarnya. ***