Abdulloh
Advertorial

Program Seragam Sekolah Gratis Mendapat Dukungan DPRD Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM – Sejak tahun lalu, Pemerintah Kota Balikpapan telah menjalankan program seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru Sekola
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sejak tahun lalu, Pemerintah Kota Balikpapan telah menjalankan program seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru Sekolah Dasar, SMP dan Kesetaraan. 

Program tersebut mendapat dukungan dari DPRD Kota Balikpapan. Dukungan tersebut disampaikan Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, pada Selasa, 12 Juli 2023.   

Abdulloh mengatakan setiap kepala daerah tentu memiliki komitmen memenuhi janji politiknya saat maju dalam pilkada. Untuk itu, lembaga legislatif sebagai mitra pemerintah harus memberikan dukungan dalam realisasinya kepada masyarakat. Terutama bidang kesehatan dan pendidikan yang menjadi janji politik walikota saat mencalonkan diri di pilkada serentak 2020 lalu.

“Kami sudah alokasikan semua untuk pemenuhan visi misi walikota. Dasar itu menjadi realisasi APBD 2023 mengacu pada RPJMD walikota terpilih periode 2021-2024. Seperti BPJS gratis dan bantuan seragam,” ucapnya kepada awak media. 

BACA JUGA:

Menurut Abdulloh, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan daerah maka DPRD bersama mitra kerja di pemerintahan akan menerapkan prioritas anggaran. 

Sehingga diperlukan penyesuaian terhadap pos anggaran lainnya saat program visi misi walikota ini jadi direalisasikan. Meski hal itu akan berdampak pada kegiatan anggaran di OPD lainnya.

“Kami memberikan tanda bintang terhadap kegiatan anggaran yang tidak prioritas untuk diarahkan ke program RPJMD. Mana yang dikerjakan terlebih dahulu mana yang belum. Nanti begitu kondisi anggaran sudah masuk tanda itu akan kami lepas,” tutur politisi Partai Golkar ini.

Abdulloh menambahkan program ini akan memberikan keringanan bagi orang tua yang anaknya baru masuk sekolah. Terutama seluruh siswa yang baru mulai masuk. 

“Program tersebut telah masuk dalam rencana kerja APBD Kota Balikpapan sejak tahun 2022 dan program tersebut merupakan salah satu realisasi dari visi dan misi Wali Kota Balikpapan terpilih, Rahmad Mas’ud,” tutupnya. (Adv)